no fucking license
Bookmark

Tolak Pemilu Ditunda, Keluarga Mahasiswa ITB Siap Demo 11 April di Bandung

Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (KM ITB) menyatakan menolak penundaan Pemilihan Umum 2024 dan perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo. Mahasiswa ITB akan menyuarakan sikap itu pada aksi demo 11 April 2022.

Tolak Pemilu Ditunda, Keluarga Mahasiswa ITB Siap Demo 11 April di Bandung

“Kami mulai dari daerah, lokasi aksinya di Bandung,” kata Reza Rahmaditio dari KM ITB, Ahad, 10 April 2022.

Mahasiswa menilai wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden semakin nyata. Elit politik mencoba berbagai upaya untuk mewujudkan rencana yang bertentangan dengan konstitusi.

“Bukan hanya inkonstitusional, penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden juga menimbulkan banyak kerugian politik dan ekonomi,”ujarnya.

Kerugian politik yang dimaksud adalah dampak negatif terhadap kualitas dan kepastian ketatanegaraan, demokrasi, dan stabilitas politik. Sementara, pada aspek ekonomi, monopoli kekuasaan oleh segelintir pihak akan memicu lebih maraknya korupsi dalam pemerintahan.

Keluarga Mahasiswa ITB mengutuk segala upaya penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan Presiden sebagai bentuk pembangkangan terhadap konstitusi dan semangat reformasi. Mahasiswa mendesak elemen eksekutif, legislatif, dan yudikatif untuk menjunjung tinggi dan mentaati aturan tentang pemilu dan masa jabatan presiden sebagaimana dalam konstitusi yang berlaku saat ini.

KM ITB meminta Presiden Jokowi berjanji kepada seluruh rakyat Indonesia untuk menolak perpanjangan masa jabatan Presiden dan penundaan pemilu. Kemudian meminta Presiden Jokowi untuk menjatuhkan sanksi kepada menteri-menterinya yang terbukti mendukung dan mengupayakan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Mahasiswa mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk menolak upaya penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan Presiden karena merusak tatanan politik dan menimbulkan kerugian ekonomi.(*).

Sumber: Tempo

Posting Komentar

Posting Komentar

Close x