Oplet Si Doel Anak Sekolahan Yang Pernah Ditawar Rp 4 M, Sekarang Ada Di Malang

Ingat oplet dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan?. Ternyata oplet tua milik artis Rano Karno itu pernah ditawar publik figur Raffi Ahmad dengan harga yang fantastis.

Opelet tua milik Rano Karno yang jadi ikon sinetron Si Doel Anak Sekolahan disebut pernah ditawar Raffi Ahmad senilai Rp4 miliar. Foto/SINDOnews/Avirista Midaada

Raffi menawar Rp 4 miliar dengan menyatakan bersedia menukar oplet dengan mobil Rolls-Royce senilai Rp 4 miliar.

Menurut artis sekaligus anggota DPR RI Komisi X Rano Karno, penawaran itu disampaikan Raffi setahun lalu saat Raffi bersama Nagita Slavina, istrinya bertamu ke rumahnya.

“Setahun yang lalu mungkin dia datang ke rumah sama istrinya,” kata Rano Karno, usai meresmikan Museum Motor Klasik di SMK NMC Malang, Jawa Timur kemarin.

“Saya berpikir tadinya mereka hanya mau buat konten. Ternyata dia serius, sudah bang tukar tambah sama Rolls-Royce, Rolls-Royce itu kira-kira hampir 4 miliar,” tambah Rano.

Rano yang kini berusia 61 tahun itu, sempat tak percaya. Bahkan ia terus menanyakan keseriusan Raffi, pasca obrolan tawaran yang dilayangkan tersebut.

“Gue bilang lu serius, bener ini mata pencaharian aku. Nggak bang kalau nanti syuting boleh pinjam, enak aja lu gue bilang gitu,” ujar dia.

Pada akhirnya Rano Karno tetap tidak melepas oplet yang diproduksi tahun 1953 tersebut. Ia terus merawat oplet yang ia beli sekitar Rp500 ribu sekitar tahun 1992-an.

Saat pertama kali dibeli Rano, kondisi oplet tua tersebut sangat tak terawat, bahkan sempat dijadikan kandang ayam tanpa dipasang roda.

“Untuk kepentingan film, saya sengaja nggak bagusin seperti ini. Pasti dilihat mogok mulu, supaya terlihat tua, segala macam karena buat film. Kalau sekarang sudah saya perbaiki,” katanya.

Menurut Rano, semasa kecil oplet menjadi kendaraan yang ingin ia lihat dan kendarai. Apalagi saat dirinya bersekolah dengan jarak antara rumah dengan sekolah yang cukup jauh.

“Kalau oplet lewat menjadi mimpi kapan bisa naik oplet, untuk nyampai ke sekolah. Sebetulnya filosofis seperti itu, makanya di sinetron saya, saya adakan oplet, oplet waktu itu sudah nggak populer di Jakarta,” tuturnya.

Rano mengatakan, saat ia membeli oplet pada tahun 1992-an, oplet yang mayoritas merek Chevrolet itu belum begitu populer di Jakarta.

Bahkan beberapa anak kecil yang melihat saat itu, kata Rano sempat bertanya-tanya mengenai keberadaan oplet di jalanan Jakarta.

“Orang Betawi itu dulunya mereknya Chevrolet, tapi nggak bisa nyebut Chevrolet dia panggilnya oplet. Nah gitu ceritanya kalau ada jenis angkutan umum, ada yang kecil ada yang besar, yang besar itu Chevrolet. Itu buat kapasitas bisa 18 orang mungkin, singkat ceritanya gitu,” terangnya.

Kini oplet Si Doel itu telah berpindah tangan dari Rano Karno ke sebuah sekolah kejuruan di Kota Malang.

Di sekolah itu, oplet berwarna biru yang biasanya digunakan mencari nafkah Babe Sabeni yang diperankan Alm. Benyamin Sueb menjadi bahan pameran dan pembelajaran generasi muda utamanya siswa-siswi SMK NMC.

Rano menyerahkan oplet berwarna biru, satu opelet miliknya yang lain berwarna kuning, dan satu sepeda motor Honda Win yang juga digunakan dalam proses syuting sinetron Si Doel Anak Sekolahan

“Ini akan membuat Malang akan bertambah potensi wisatanya. SMK NMC ini satu-satunya yang punya museum motor klasik di Indonesia. Di sini harapannya juga muncul tukang insinyur seperti di Si Doel anak sekolah. Tambah lagi untuk kunjungan wisata di museum motor klasik,” pungkasnya.(***)

Posting Komentar