Mengisi Waktu di Bulan Ramadhan, Mahasiswa Unsika Berkolaborasi Dengan Komunitas Street Feeder Cikampek

Karawang - Mahasiswa Unsika berkolaborasi dengan komunitas Street Feeder Cikampek @Carestreetcat untuk melakukan kegiatan street feeding di daerah pasar Cikampek dan sekitarnya pada hari Minggu, 17 April 2022. Hal tersebut dilakukan untuk membuat masyrakat lebih peduli terhadap hewan, salah satunya kucing jalanan. 

Mahasiswa Unsika Berkolaborasi Dengan Komunitas Street Feeder Cikampek


Komunitas Street Feeder @Carestreetcat sendiri dibentuk pada 14 Mei 2021 oleh kak Iksan. Berawal dari ketidaksengajaannya mengajak masyrakat untuk memberikan makanan kepada kucing jalanan, melalui media sosial facebook. Hingga akhirnya berhasil mengumpulkan anggota yang jumlahnya cukup banyak, dan dibuatlah komunitas street feeder @Carestreetcat. Selain itu, komunitas tersebut terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung, serta menerima bantuan dari relawan yang ingin bergabung secara sukarela. 

Hal tersebut lah yang membuat mahasiswa Unsika tertarik untuk melakukan kolaborasi berupa menjadi relawan. Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 1 yang terdiri dari Dessy Zaira, Delia Salsabila, Firda Aulia, Diana Safitri, dan Muhamad Alif Syahdani ini, ikut serta terjun ke lapangan dalam kegiatan street feeding di area pasar Cikampek. 

Kehidupan kucing peliharaan atau rumahan dinilai lebih nyaman dari pada kucing jalanan. Menurut Iksan, kucing jalanan selalu berpikir bagaimana cara mereka makan, apa yang harus ia makan, dan mengesampingkan kapan waktu ia harus tidur. “Dengan adanya komunitas street feeder ini, banyak masyarakat yang sadar bahwa kucing jalanan kesulitan mencari makan. Selain itu, banyak pedagang di pasar yang mulai peduli kepada kucing jalanan, tidak jarang mereka meminta makanan kucing untuk diberikan kepada kucing-kucng yang ada di pasar.” Jelasnya. 

Dalam sekali kegiatan, biasanya menghabiskan 2-3 kilogram makanan kucing. “Biasanya kegiatan street feeder dilakukan setiap hari minggu, mulai dari pukul 3 atau 4 sore, hingga pukul 5 sore. Untuk tempatnya sendiri sekitar jalan babakan jati, lalu ke jalan jalu sampai menuju pasar dan terminal. Lalu kembali lagi ke tempat awal.” Selain itu, ia juga menuturkan bahwa ia dan komunitasnya kerap membagikan makanan kucing secara gratis di lapangan Kec. Kotabaru. 

Secara perlahan, masyarakat mulai peduli dengan keadaan kucing dengan memberikan donasi berupa makanan kucing kepada komunitas. “Untuk saat ini kami menerima donasi berupa makanan kucing, dan uang untuk keperluan selama kegiatan berlangsung. Akan tetapi, kami belum bisa melakukan rescue untuk kucing jalanan, karena masih ada berbagai kendala.” 

Dengan kami terjun ke lapangan secara langsung, di harapkan masyarakat ikut peduli terhadap kucing jalanan, serta secara sukarela bergabung dalam kegiatan street feeder baik secara individu maupun kelompok. Di harapkan juga media turut serta berpartisipasi dalam kegiatan street feeder untuk membantu mengembangkan komuitas @carestreetcat.” 

Posting Komentar