no fucking license
Bookmark

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNSIKA Bantu UMKM Warkop di Karawang Lewat Promosi Digital

Kabar Karawang - Promosi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan melakukan promosi digital. Promosi digital merupakan strategi pemasaran menggunakan media-media promosi digital. Media promosi digital tersebut  diantaranya berupa video, artikel, iklan atau realitas virtual. 

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNSIKA


Kegiatan promosi UMKM tersebut dimanfaatkan oleh mahasiswa/i program studi S1 Ilmu Komunikasi asal Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) yang terdiri dari 6 orang yaitu Lea Pebriyanti, Ratna Riyantini, Dio Prasetio, Firda Nurfajriah Putri, Hanna Alaedha Risti dan Rochas Brigges Gelar S.P dengan tujuan membantu mempromosikan salah satu UMKM yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat atau mahasiswa/i yaitu Warkop Bagja (WB) yang berlokasi di Sirnabaya, Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang. 

Keenam mahasiswa tersebut melakukan promosi digital UMKM terhadap Warkop Bagja Pada Senin, 25 April 2022. Warkop Bagja (WB) merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terletak beberapa langkah dari pusat kota namun dekat kawasan kampus. Warkop Bagja sendiri menjadi tempat favorit penduduk setempat untuk bersantai dan berkumpul dengan teman sambil menikmati menu yang disajikan diantaranya; aneka macam mie instan, gorengan, pancong, sosis bakar, pisang keju, kopi, serta aneka minuman segar. Untuk menu yang paling diminati oleh konsumen yakni mie instan rebus.

Warkop Bagja


Salah satu ciri khas dari warkop bagja adalah adanya aksara sunda pada dinding dalam ruangan tertulis "Sakumna Jalma Gubrag Ka Alam Dunya Teh Sifatna Merdika Jeung Boga Martabat Katut Hak Anu Sarua Dibere Akal Jeung Hate" yang memiliki arti Semua orang yang tunduk pada alam bebas dan memiliki martabat dan hak yang sama dengan diberikan akal dan hati. Ucap Subagja pemilik UMKM Warkop Bagja pada Senin (25/4/22). 

Adapun cara yang dilakukan yakni dengan melakukan pengambilan foto dan video produk. Pengambilan tersebut dinilai sebagai cara yang paling efektif untuk melakukan promosi digital UMKM. Serta mengajak masyarakat sekitar terutama lingkup kampus untuk mengunjugi warkop tersebut karena tempat nya yang strategis dan cocok untuk dipakai nongkrong anak kampus. Apalagi saat bulan ramadhan ini, warkop tersebut pas untuk di jadikan bukber dengan teman-teman karena, warkop tersebut buka hingga larut malam. 

Salah satu anggota, Rochas Brigges (20) selaku fotografer dalam promosi ini  menjelaskan bahwa foto dan video produk ini dilakukan untuk memasarkan produk melalui media digital dan bisa menarik lebih banyak konsumen. "Foto dan video produk ini bertujuan untuk memasarkan produk pada media digital dan menarik lebih banyak konsumen" Ucap Rochas. 

Adapun cara yang dilakukan untuk memasarkan produk dari UMKM Warkop Bagja yakni melalui platform media online berita Karawang juga akun Instagram para anggota. 

"Kami sangat berterima kasih atas partisipasi yang dilakukan mengenai promosi digital yang dilakukan oleh mahasiswa/i Ilmu Komunikasi ini. Semoga kedepannya warkop kami menjadi lebih ramai dikunjungi oleh masyarakat terutama kalangan anak muda." Ucap pekerja Warkop Bagja.


Posting Komentar

Posting Komentar

Close x