Lagi Pemain Dilepas Persib Bandung

Persib Bandung kembali melepas pemainnya, setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 2021-2022. Kali ini giliran Puja Abdillah yang dilepas oleh skuat Maung Bandung.

Lagi Pemain Dilepas Persib Bandung
Pemain Persib Bandung

Pengumuman dilepasnya Puja Abdillah, diumumkan melalui akun media sosial tim salah satunya Instagram @persib, Minggu (10/04/22) siang tadi.

Dalam postingannya, akun Instagram Persib ini menyampaikan terima kasih kepada pemain berusia 25 tahun tersebut. Selain itu, skuat Maung Bandung tampak berat dan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Puja Abdillah.

Pasalnya, selain sudah cukup lama menjadi bagian dari tim kebanggaan Bobotoh, Puja Abdillah merupakan pemain jebolan Diklat Persib.

Persib juga mendoakan dan memberikan semangat, agar pemain yang berposisi sebagai winger ini bisa tampil maksimal dan sukses dalam karier sepak bolanya.

"Terkadang harus mengucap "Selamat Tinggal," meski hati ingin tetap tinggal.

"Hatur Nuhun @puja_alvarest Tunjukkan kepada mereka, PERSIB dan Bandung lah tempatmu berasal," tulisnya.

Dengan dilepasnya Puja Abdillah, maka jumlah pemain yang berpisah dengan tim kebanggaan Bobotoh seusai berakhirnya kompetisi Liga 1 2021-2022 bertambah menjadi tujuh orang.

Pasalnya, sejak Minggu (03/04/22),l sudah ada pemain yang dilepas, diawali dengan Esteban Vizcarra, kemudian Indra Mustafa, dilanjutkan Gian Zola, Mario Jardel dan bek senior yang turut mengantarkan Persib meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014, Supardi Nasir.

Setelah itu, satu pemain asing yang berposisi sebagai striker, Bruno Cantanhede, juga dilepas setelah kontraknya bersamaan skuat Maung Bandung tidak diperpanjang oleh manajemen Persib.

Dipinjamkan

Sebelumnya, sebelum kompetisi Liga 1 2021-2022 bergulir, Puja Abdillah dipanggil kembali untuk memperkuat skuat Maung Bandung, setelah dipinjamkan ke klub satelit Persib, Bandung United.

Pada kompetisi Liga 1 2021-2022, Puja Abdillah tidak mendapatkan kesempatan bermain dan hanya masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) pada enam pertandingan.

Sementara itu, pelatih Persib, Robert Rene Alberts sebelumnya mengatakan tidak bisa menyebutkan secara pasti persentase pemain yang akan dipertahankan untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan, yang pasti dia ingin mempertahankan banyak pemain.

Menurut pelatih asal Belanda ini, ada beberapa hal yang membuatnya tidak dapat memastikan jumlah persentase pemain yang akan tetap berkostum Persib setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 2021-2022.

Robert Alberts menambahkan, tim pelatih hanya merekomendasikan kepada manajemen mengenai pemain yang akan dipertahankan, selanjutnya kedua belah pihak melakukan negosiasi.

Jika kedua belah pihak sepakat untuk kembali bekerjasama, maka pemain tersebut pasti akan bertahan di tim kebanggaan Bobotoh.

Namun sebaliknya, jika tidak ada kesepakatan di kedua belah pihak, maka pemain tersebut tidak akan memperkuat skuat Maung Bandung di kompetisi Liga 1 musim depan.

"Sulit untuk mengatakan berapa persen, karena kami memberi rekomendasi dan tentunya itu semua tergantung pihak klub atau pemain dalam menyepakati kontrak. Itu dua tahapan yang berbeda," kata Robert Alberts.

"Mengenai itu, saya tidak bisa memprediksi pemain menyepakati kontrak baru atau tidak. Pemain punya hak individu untuk melakukan negosiasi," ucap Robert Alberts menambahkan.

Pertahankan Mayoritas Skuad

Robert Alberts menuturkan, melihat performa tim pada kompetisi Liga 1 2021-2022, dia memiliki keinginan untuk mempertahankan mayoritas pemain yang ada.

Meski begitu, Robert Alberts kembali menegaskan, ada beberapa hal yang membuat pemain yang dibutuhkan oleh skuat Maung Bandung bisa bertahan atau pergi dan bergabung dengan tim lain.

"Jadi sulit untuk bicara mengenai berapa persen, tapi targetnya ialah bisa mempertahankan sebanyak mungkin pemain yang ada," ujarnya.

Mengenai Esteban Vizcarra, Robert Alberts memastikan pihaknya tidak memberikan tawaran perpanjangan kontrak, lantaran dia ingin ada regenerasi di skuat Maung Bandung.

Apalagi, saat ini banyak pemain yang usianya lebih muda dan mulai menunjukkan kualitasnya, sehingga Robert Alberts merekomendasikan kepada manajemen Persib untuk tidak memperpanjang kontrak Esteban Vizcarra.

"Tetapi beberapa (pemain) seperti Esteban kami sudah memutuskan untuk tidak menawarkan perpanjangan kontrak karena usia dia sudah semakin menua. Itu normal di sepakbola," katanya.

"Namun mengenai persentase (yang dipertahankan) saya tidak bisa memberi tahu," kata pelatih Persib Bandung di Liga 1, Robert Alberts.(***)

Posting Komentar