no fucking license
Bookmark

Kabar Baik, Unsika 10 Besar PTKIN Berdaya Saing Terbaik Nasional

Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru SPAN-UM PTKIN Kementerian Agama secara resmi telah mengumumkan hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) pada Jumat, (15/4) pekan lalu.
Kabar Baik, Unsika 10 Besar PTKIN Berdaya Saing Terbaik Nasional


Hasilnya, Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) berhasil menembus peringkat 10 besar dari 58 PTKIN yang berdaya saing terbaik dari seluruh Indonesia.

Wakil Rektor bidang akademik Universitas Singaperbangsa Karawang, Dr. Kusrin, M.Pd, melalui Koordinator Pelaksana SPAN-UM PTKIN Hj. Astuti Darmiyanti, M.A.Ed.,Ed.D., menjelaskan, sebanyak 2.242 calon mahasiswa baru telah mendaftar melalui jalur SPAN PTKIN.

Berdasarkan kuota SPAN yang tersedia di Kampus Unsika. Sebanyak 168 calon mahasiswa dari 3 prodi dinyatakan lolos seleksi. Masing-masing, Prodi Pendidikan Agama Islam sebanyak 84 peserta, Prodi Manajemen Pendidikan Islam sebanyak 60 peserta, dan
Prodi Pendidikan Islam Anak usia Dini sebanyak 24 peserta.

"Jumlah tersebut berdasarkan pagu yang telah disiapkan oleh Unsika yakni 35 % dari total seluruh daya tampung," ujar Astuti dalam keterangan persnya, Senin, (18/4) kemarin.

Lebih lanjut, Astuti Darmiyani menjelaskan, bahwa prodi PAI merupakan prodi yang paling banyak diminati di Unsika. Diikuti prodi MPI dan selanjutnya prodi PIAUD.

Kata dia, kehadiran FAI Unsika telah berhasil memberi warna pada perhelatan nasional seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru di bawah Kementrian Agama RI dengan jalur SPAN dan jalur Ujian Masuk (UM).

"Selain itu akan ada Ujian Mandiri yang akan dilaksanakan bersama-sama dengan 8 fakuktas lain di Unsika," kata dia.

Masih kata Astuti, keikutsertaan Fakultas Agama Islam Unsika pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN Kemenag RI diawali pada tahun 2019, yakni tahun akademik 2020-2021. Pada tahun akademik 2022-2023, untuk ketiga kalinya FAI Unsika ikut serta pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru melalui jalur SPAN dan UM PTKIN.

"Tahun akademik 2022-2023 merupakan tahun ke tiga Unsika mengikuti SPAN-PTKIN," ujarnya.

Kehadiran FAI Unsika pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN ini terbilang unik. Pasalnya, diantara 58 PTKIN, mulai dari UIN, IAIN, dan STAIN, nama Fakultas Agama Islam Unsika berada di urutan ke 59.

"Sebetulnya, Unsika tidak termasuk ke dalam PTKIN, tetapi Perguruan Tinggi Umum yang memiliki Fakultas Agama Islam dengan izin operasional diterbitkan oleh Kemenag RI," jelasnya. 

Selanjutnya, Astuti Darmiyanti menghimbau agar calon mahasiswa baru yang sudah lulus melalui jalur SPAN PTKIN segera melakukan daftar ulang. 

"Daftar ulang sudah disiapkan oleh bagian akademik Unsika untuk menetapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT)," katanya. 

"Pengumuman pendaftaran ulang dapat diakses melalui pmb.unsika.ac.id pada Senin, 18 April 2022 pukul 15.00 WIB," imbuhnya.(red)
Posting Komentar

Posting Komentar

Close x