no fucking license
Bookmark

Gunung Anak Krakatau Siaga III, Pemudik yang Lewat Merak-Bakauheni Diminta Tak Khawatir

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau warga yang mudik lewat rute penyeberangan Merak-Bakauheni untuk tetap tenang meski ada kenaikan aktivitas Gunung Anak Krakatau menjadi Siaga III. PVMBG menyebut rute laut tersebut masih jauh dari radius yang berbahaya.

Gunung Anak Krakatau Siaga III, Pemudik yang Lewat Merak-Bakauheni Diminta Tak Khawatir

"Masyarakat diharapkan tetap tenang karena kegiatan masyarakat ini (penyeberangan via laut Merak-Bakauheni) masih jauh dari radius yang direkomendasikan oleh Badan Geologi yakni radius 5 kilometer," kata Kepala Pusat PVMBG Hendra Gunawan, Senin (25/4/2022).

Hendra menyampaikan, Badan Geologi juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terutama BNPB, BPBD dan BMKG untuk mengantisipasi eskalasi aktivitas vulkanik. Pihaknya juga memasang petugas di pos-pos saluran yang siap memantau 24 jam.

Dia mengimbau masyarakat tidak terpengaruh dengan berita-berita isu tsunami di wilayah Banten dan Lampung yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ia meminta masyarakat memantau melalui situs resmi PVMBG dan badan terkait lain.

"Masyarakat juga diharapkan tetap mengikuti update dari sumber-sumber resmi. Sehingga yang sering membuat kuatir ini adalah hoaks," kata Hendra.

Status Gunung Anak Krakatau dinaikkan dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III), terhitung sejak 24 April 2022 pukul 18.00 WIB (INews)

Posting Komentar

Posting Komentar

Close x