Apakah Anda Termasuk Penerimanya, WA Nomor Ini Jika Tak Dapat Bansos

Saat ini banyak yang cari pengumuman pencairan PKH hari ini 2022, cek daftar nama penerima PKH online, kapan pencairan bansos, hingga PKH kapan cair.

Apakah Anda Termasuk Penerimanya, WA Nomor Ini Jika Tak Dapat Bansos

Ketahui jangan kaget masuk daftar nama penerima PKH di April 2022 usai input NIK ke link berikut, WA nomor resmi Kemensos tersebut jika tak dapat bansos.(29/4/2022).

Seperti diketahui sejak 2020, link untuk cek daftar nama penerima bansos PKH bisa dicek di 2 link Kemensos, yakni cekbansos.kemensos.go.id dan dtks.kemensos.go.id.

Pada tahun ini, Pemerintah menyiapkan anggaran Rp28,7 triliun untuk program PKH. Ditargetkan ada 10 juta keluarga penerima manfaat yang dapat bansos Kemensos.

PKH atau Program Keluarga Harapan merupakan program bansos yang dijalankan Kemensos dengan tujuan membantu masyarakat miskin lepas dari jerat kemiskinan.

Adapun kriteria penerima bansos PKH dari Kemensos, antara lain anak usia dini, siswa SD hingga SMA, penyandang disabilitas, ibu hamil dan lansia.

Berikut rincian bantuan BST PKH:

  • Kategori Ibu Hamil/Nifas : Rp. 3.000.000,-
  • Kategori Anak Usia Dini 0 s.d. 6 Tahun : Rp. 3.000.000,-
  • Kategori Pendidikan Anak SD/Sederajat : Rp. 900.000,-
  • Kategori Pendidikan Anak SMP/Sederajat : Rp. 1.500.000,-
  • Kategori Pendidikan Anak SMA/Sederajat : Rp. 2.000.000,-
  • Kategori Penyandang Disabilitas berat : Rp. 2.400.000,-
  • Kategori Lanjut Usia : Rp. 2.400.000,-

Asumsi mendapat Rp 10,8 juta tersebut yakni berasal dari persyaratan dalam 1 keluarga, hanya 4 orang saja yang mendapatkan BLT PKH dari Kemensos.

Apabila belum terdaftar sebagai penerima Bansos PKH, warga miskin bisa mendaftarkan diri secara online melalui aplikasi Cek Bansos yang diumumkan Kemensos via laman resminya:

- Download aplikasi Cek Bansos di Google Play Store

- Jika belum memiliki akun, daftar terlebih dahulu membuat user id memakai data diri lengkap seperti KTP, KK dan foto selfie

- Jika akun selesai dibuat, login kembali ke aplikasi Cek Bansos memakai user id dan password

- Setelah itu akan muncul menu Profil, Cek Bansos, Tanggapan Kelayakan, dan Daftar Usulan

- Jika ingin daftar bisa klik menu Daftar Usulan

- Daftar calon penerima Bansos PKH dengan mengisikan data diri lengkap, lengkap dengan foto selfie dan foto rumah

Tapi yang perlu diketahui, BLT ini cair sebanyak 4 kali dalam setahun. Maka ketika kamu masuk kategori ibu hamil, maka akan dapat bansos Rp750 ribu 4 kali dalam setahun.

Jika anda yakin mendapat bantuan PKH dari pemerintah namun masih ada masalah, berikut cara lapor ke Layanan Pengaduan Bansos Kemensos.

Peserta KPM melapor ke Layanan Pengaduan Bansos Kemensos di nomor WhatsApp 0811-1022-210 dengan format: Nama lengkap (spasi) Nomor KTP (spasi) Alamat lengkap (spasi) Aduan.

Demikian info jangan kaget masuk daftar nama penerima PKH di April 2022 usai input NIK ke link berikut, WA nomor resmi Kemensos tersebut jika tak dapat bansos.(*)

Posting Komentar