Agar Tak Mudah Haus Saat Berpuasa, Ini Triknya

Umat muslim akan mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan besok Minggu (3/4/2022). Saat menjalankan ibadah puasa, sangat umum jika kita merasakan haus.

Foto ilustrasi

Terutama di musim kemarau. Oleh sebab itu, penting untuk membuat tubuh tetap terhidrasi agar bisa mengurangi rasa haus selama berpuasa.

Ada sejumlah tips atau cara untuk menghilangkan rasa haus saat puasa. Apa saja tips atau cara menghilangkan rasa haus saat puasa itu?

Dikutip dari laman Egypt Independent, berikut tips agar tidak mudah haus saat berpuasa:

1. Jangan minum banyak air saat sahur

Minum banyak air selama sahur justru akan membuat ginjal akan membuangnya dalam beberapa jam. Lebih baik meminum banyak air di jam-jam antara buka puasa dan sebelum sahur.

Selain itu, hindari meminum air yang sangat dingin saat buka puasa karena menyempitkan pembuluh darah kapiler sehingga sulit untuk mencerna makanan.

2. Hindari makanan asin

Hindari makanan asin seperti acar, dan ikan asin serta yang mengandung banyak bumbu. Hal itu karena bisa meningkatkan terjadinya asam lambung dan meningkatkan kebutuhan tubuh untuk mengolah cairan, serta meningkatkan rasa haus.

3. Sahur dengan jumlah cairan dan serat yang cukup

Cara agar tak mudah haus saat puasa adalah saat sahur harus mengonsumsi air dan serat yang sehat yang bisa bertahan lama di usus. Hal itu bisa mengurangi rasa lapar dan haus.

Dianjurkan untuk makan buah-buahan yang mengandung serat dan air seperti semangka dan anggur.

4. Hindari minum cairan yang mengandung kafein

Selain itu, hindari pula minum cairan yang mengandung kafein seperti kopi dan minuman bersoda karena sifat diuretiknya yang menyebabkan tubuh cepat kehilangan air.

5. Makan sayur yang banyak mengandung air

Makanlah sayuran yang banyak mengandung air seperti mentimun, karena bisa menghilangkan dahaga dan mendinginkan tubuh, serta membantu meredakan gangguan saraf.

Mentimun juga mengandung serat makanan selulosa yang memperlancar pencernaan, mengeluarkan racun, dan membersihkan usus.

6. Kurangi asupan makanan dan minuman manis

Makanan manis juga bisa menyebabkan tingkat rasa haus yang lebih tinggi karena mengandung banyak gula. Jadi, ada baiknya untuk menghindari minuman yang satu ini selama berpuasa ya.

7. Hindari berada di ruangan atau kondisi suhu tinggi

Saat berpuasa lebih baik berada di ruangan yang bersuhu sejuk dan tidak terkena sinar matahari untuk mengurangi rasa haus.(***)

Posting Komentar