Kelurahan tidak berdaya memberikan tambahan bantuan lazimnya pemerintah desa seperti pengadaan Bantuan Bansos Langsung Tunai (BLT), persentase Protoko


Kelurahan tidak berdaya memberikan tambahan bantuan lazimnya pemerintah desa seperti pengadaan Bantuan Bansos Langsung Tunai (BLT), persentase Protokol Kesehatan hingga penguatan ketahanan pangan bagi warganya. Karena, selain tanpa Dana Desa, kelurahan juga tidak menerima bantuan Bantuan Gubernur (BanGub), DBH untuk tambahan penghasilan aparat (RT/RW dan Linmas_red) hingga anggaran serupa lainnya yang selalu parkir ke desa-desa.
Ade Sukardi Lurah Nagasari:  Miskin Kota Lebih Parah Ketimbang Miskin di Desa


"Kita terima dana kelurahan saja, itu alokasinya untuk fisik semua dan nominalnya juga tidak sebesar di desa-desa, " Kata Lurah Nagasari Kecamatan Karawang Barat, Ade Sukardi, Senin (18/4/2022).

Lebih jauh ia menambahkan, soal beban kinerja diakui Lurah tak kalah peliknya. Bahkan, anggapan Kelurahan di Kota tidak concern soal kemiskinan karena mayoritas menengah atas, faktanya tidak demikian. Justru, kemiskinan kota jauh lebih parah dibandingkan dengan kemiskinan di kota. Sebab, di wilayah perkotaan yang aktivitasnya hidup 24 jam keramaian, justru lebih banyak mengurusi kemiskinan seperti maraknya warga yang tinggal permanen di pinggiran rel kereta api, tanah negara dan lainnya yang tak resmi. Mereka mayoritas tidak ber KTP Nagasari, tapi ketika sakit, keperluan ke rumah sakit, tak jarang cukup pelik di lakukan PSM Kelurahannya.


"Banyak yang bukan Ber KTP di kita juga kenyataannya di urus ketika mereka sakit, bagaimana agar akses ke rumah sakit bisa lancar, harus ke Dinkes harus ke Dinsos, bagaimana pun mereka tinggal di Kita, " Ujarnya.

Disisi lain, honorarium PSM di Kelurahan itu hanya mengandalkan dari Dinas Sosial saja dengan besaran Rp300 ribu/bulan, sebab di Kelurahan tidak ada tambahan seperti DBH dan atau anggaran lain seperti di desa. Begitu juga soal pengaturan regulasi, jika desa bebas karena independen menetapkan Peraturan Desa (Perdes) semisal untuk tambahan pemasukan PAD, di Kelurahan tidak bisa, karena tidak memiliki BPD, kecuali hanya LPM.

Ade Sukardi

"Soal kerja sama saja, tapi soal anggaran jujur, kita kalah besar dari desa, " Ujarnya. (Red)


Kabarkarawang.com merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi anda menulis tentang apa pun. Submit tulisanmu secara mandiri Kamu lewat link Berikut Menulis Artikel