Ngamumule Seni Budaya Sunda, Sturada 89,4 FM Ajak Para Milenial Lestarikan Bahasa Sunda

Melalui Program Gentra Pasundan, Radio Pemerintah Sturada 89,4 FM Pangkal Perjuangan mengajak para milinial untuk ngamumule atau melestarikan seni budaya sunda.


Kepala Penyiar Radio Sturada 89,4 FM, Aa Asep Septian atau yang akrab disapa Kang Omen mengatakan, melalui program ini tentu bertujuan untuk memoles lagi seni budaya sunda agar lebih bisa diminati, disenangi, digemari oleh anak-anak muda di zaman sekarang.

"Sebagai radio pemerintah tentu kita memiliki sebuah program yang mengangkat seni dan budaya sunda, bertujuannya untuk melestarikan atau juga ngamumule dari seni budaya atau juga bahasa sunda," ujarnya ketika ditemui di Sturada 89,4 FM, Rabu kemarin, (9/2/2022).

Menurutnya, seni budaya sunda penting untuk dijaga, sebab jangan sampai seni dan budaya diakui oleh orang lain.

"Jangan sampai saat kesenian kita atau bahasa kita diakui oleh orang lain baru kita merasa memiliki, seharusnya kita sebagai orang sunda kita mengawalinya dengan merasa memiliki, rasa tanggungjawab terhadap seni budaya dan bahasa daerah sendiri," tutur Kang Omen.

"Hal ini penting untuk kita angkat melalui Program Gentra Pasundan di Radio Sturada 89,4 FM Radio Pemerintah di bawah naungan Diskominfo Kabupaten Karawang," tambahnya.

Program Gentra Pasundan, kata dia, program-program budaya ini sudah sangat melegendaris dari zaman di 1475 AM hingga saat ini di 89,4 FM.

"Perlu pengembangan lebih jauh lagi untuk mengangkat program kelestarian seni budaya khususnya kesenian-kesenian di Kabupaten Karawang, dengan tujuan memperkenalkan kepada kaum milenial saat ini," ungkapnya.

Harapan ke depan melalui program ini, lanjut dia, dapat merangkul seluruh lapisan masyarakat sunda Jawa Barat khususnya di Kabupaten Karawang untuk bisa melestarikan serta mencintai seni budaya sunda atau ngamumule.

"Saya berharap mudah-mudahan melalui program ini juga generasi milenial kita bisa lebih mampu menyuguhkan seni-seni tradisional seni sunda ini menjadi lebih baik lagi agar tidak dianggap mungkin norak atau seperti orang tua dan lain sebagainya, tapi lebih pada kekayaan bangsa dan negara, kekayaan Jawa Barat khususnya Kabupaten Karawang yang perlu kita jaga agar tidak punah dimakan waktu," kata dia.

Untuk diketahui, Kepala Penyiar Radio Sturada 89,4 FM, AA Asep Septian memiliki 4 tokoh dan karakter suara yakni, sebagai Abah Wiranta, Kang Omen, Ceu Ikok, dan Bung Tris. (diks)
Posting Komentar