Lestarikan Tradisi, Dewan Rizka Puji Penyelenggaraan Babaritan Desa Ciwulan

Anggota DPRD Karawang dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dapil IV, Rizka Restu Amalia SH, hadiri kegiatan babaritan atau hajat bumi warga Desa Ciwulan Kecamatan Telagasari, Selasa (1/02). Selain ikut berziarah di pusara makam leluhur dan tokoh Desa Ciwulan, Dewan asal Desa Muarabaru ini juga ikut serta berbaur bersama masyarakat yang di suguhi Pagelaran Wayang Golek Pandawa Lima Ki Dalang Dede Koswara dari Pulojaya Kecamatan Lemahabang. 


Dalam sambutannya, Rizka memuji konsistensi masyarakat Ciwulan yang terus melestarikan tradisi "babaritan" atau hajat bumi paska panen dan jelang masa tanam padi. Meskipun sempat tertunda dua tahun karena pandemi Covid_19, namun tradisi sebagai wujud syukuran masyarakat tani ini ia apresiasi bisa kembali terselenggara dengan khidmat dan sakral. Dirinya mengaku senang, bisa bersilaturahmi dan berbaur bersama masyarakat Ciwulan di momen sakral ini, semoga setiap harapan petani dan masyarakat Ciwulan jelang memulainya kembali masa tanam, bisa selalu berkah hasilnya dan kembali bisa menyelenggarakan kegiatan hajat bumi dengan lebih meriah lagi kedepan.


"Di momen sakral hajat bumi ini, tentunya bertujuan untuk syukuran masyarakat, sekaligus mendoakan para pendahulu dan leluhur agar selalu diberikan keberkahan, " Ujarnya.

Rizka juga menyampaikan, bahwa dirinya yang merupakan DPRD Pergantian Antar Waktu (PAW) Almarhum H Deden Rachmat, akan selalu memprioritaskan Desa Ciwulan yang tak lain merupakan kampung halaman dan tempat di makamkannya almarhum. Baik soal bantuan infrastruktur, sarana pra sarana pembangunan dan lainnya lewat aspirasi yang ia miliki. Ia merinci, dua titik di tahun ini akan dibangun penurapan dan drainase di Desa Ciwulan, kemudian di tahun 2023 juga sudah siap di prioritaskan, karena baru-baru ini sebutnya, usulan-usulan pembangunan sudah di ajukan kepadanya lewat kegiatan reses di akhir tahun 2021 kemarin dan siap input ke aplikasi SIPD.

"Mohon doa pada semuanya, semoga kegiatan pembangunan lewat aspirasinya dan aktivitasnya selalu di berikan kelancaran dan kemudahan, " Tandasnya.

Sementara itu, Panitia Pelaksa hajat Bumi Desa Ciwulan, Sata Sanun mengatakan, hajat bumi adalah tasyakuran, sehingga lewat babaritan yang isinya memanjatkan doa-doa dan hiburan pagelaran seni, bisa mendorong kesuburan dan kesuksesan bagi semua masyarakat Ciwulan, baik petani, pedagang, pengusaha maupun karyawan. Dirinya juga menghaturkan terimakasih kepada Anggota DPRD Karawang Rizka Restu Amalia yang sudah sedia hadir dan berbaur bersama masyarakat ciwulan, semoga bantuan dan aspirasi yang diberikan kepada warga Ciwulan, bisa bermanfaat da  berkah. 

"Saya haturkan terimakasih, baik atas bantuan maupun kesediaannya hadir di acara babaritan ini kepada ibu DPRD, " Pungkasnya. (Rd)
Posting Komentar