20 Daerah di Indonesia Terancam Bencana Banjir, Angin Puting Beliung Serta Petir, Berikut Daftarnya

Badan Meteorogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebayak 20 daerah se Indonesia akan menghadapi bencana angin kencang, banjir dan petir.

Hal itu akibat adanya peningkatan curah hujan kembali melanda beberapa wilayah di Indonesia dalam beberapa hari kedepan.

Potensi bencana tersebut berdasarkan adanya analisis perkembangan musim hujan hingga Desember 2022. Dimana menunjukkan sebanyak 96.8% wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan dengan periode puncak musim hujan diprediksikan umumnya terjadi pada periode Januari 2022.

Sementara itu, dari hasil analisis dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya potensi sirkulasi siklonik di selatan Jawa dan Australia bagian utara yang dapat membentuk pola pertemuan massa udara dan belokan angin di wilayah Indonesia terutama di bagian selatan ekuator yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

"Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang -lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang untuk periode 09 - 15 Januari 2022," tulisnya dikutip dari akun Instagram @infobmkg, Senin 10 Januari 2022.

Adapun potensi bencana tersebut meliputi Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimatan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat seluruh wilayah tersebut meningkatkan kewaspadaan menghadapi potensi bencana tersebut.

"Kami mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," tambahnya.***

Posting Komentar