Singapura Berhasil Rebut 2 Gelar dari Hylo Terbuka 2021

Singapura bukanlah negara yang diunggulkan dalam turnamen bulu tangkis internasional. Beberapa atlet Negeri Singa kerap kali cuma terlibat sebagai ‘penyemarak’ turnamen karena biasanya mereka sudah hengkang lebih dulu usai dipulangkan para pemain dari negara yang lebih dijagokan.

Namun, hal yang cukup unik terjadi di Hylo Terbuka 2021. Singapura, secara tak terduga, meloloskan dua wakil mereka ke partai final. Dua wakil tersebut adalah pemain tunggal putra Loh Kean Yew dan pemain tunggal putri Yeo Jia Min.

Kean Yew sudah membuat kejutan di hari pertama turnamen bergulir. Ia menumbangkan pemain unggulan pertama Chou Tien Chen (Taiwan) dalam dua gim langsung, 21-18 dan 21-13. Terlepas dari fakta bahwa kondisi fisik Tien Chen memang jauh lebih lelah akibat serangkaian turnamen besar yang harus ia jalani sejak akhir November, kemenangan Kean Yew tersebut tetap sebuah hal yang tak terprediksi.

Melewati Toma Junior Popov (Prancis) dan Rasmus Gemke (Denmark) di dua babak berikutnya, Kean Yew memastikan tiket babak final setelah ia menjungkalkan pebulu tangkis muda India Lakshya Sen di partai semifinal, 21-18 dan 21-12.

Di babak final, Kean Yew akan bersua dengan jagoan muda Malaysia Lee Zii Jia. Dilihat dari statistik, meski kalah dua kali dalam tiga pertemuan, Kean Yew tetap berpeluang membawa pulang gelar juara. Pasalnya, pekan lalu di Prancis Terbuka 2021, ia sukses memulangkan Zii Jia di babak pertama.

Sementara di nomor tunggal putri, Yeo Jia Min yang sukses memecundangi pemain unggulan asal Kanada Michelle Li di semifinal akan bersua dengan wakil Thailand Busanan Ongbamrungphan di partai final.

Meski masih kalah secara jam terbang karena usianya yang masih 22 tahun, kemampuan Jia Min tidak bisa dipandang sebelah mata. Kemampuan reli dan cover lapangannya yang apik adalah hal yang membuatnya berhasil melangkah ke babak final. Sebelumnya, ia juga menumbangkan pemain tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung di babak kedua.

Dari statistik, Jia Min juga punya peluang cukup besar untuk memboyong gelar juara. Pasalnya, di pertemuan pertama dan terakhirnya dengan Busanan pada 2019 lalu, ia berhasil menang meyakinkan 21-15 dan 21-13.(***)

Posting Komentar