Waspada Facebook Anda Dibajak Orang Lain! Berikut Ciri dan Cara Mengatasinya

Facebook masih menjadi sosial media yang digunakan oleh sebagian masyarakat saat ini. Tapi, pernahkah anda merasa tidak aman dalam menggunakannya, dan merasa akun anda dibajak orang lain? (4/10/2021).

Dalam situs resminya, Facebook mengungkapkan ada beberapa tanda akun Facebook anda dibajak dan cara mengatasinya. Salah satu solusinya, adalah dengan mengubah kata sandi dan meninjau aktivitas login terakhir.

Namun untuk lebih berhati-hati lagi, berikut tanda-tanda akun Facebook Anda dibajak orang lain, mengacu pada keterangan resmi Facebook:

- Email atau kata sandi Anda berubah

- Nama atau tanggal lahir Anda berubah

- Permintaan pertemanan dikirimkan kepada orang yang tidak Anda kenal

- Mengirim pesan yang tidak Anda tulis

- Terdapat postingan yang tidak Anda buat.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah logout akun Facebook Anda dari semua gadget anda atau dimanapun anda terakhir membuka akun Facebook Anda.Lantas, bagaimana cara memulihkan kembali akun Facebook setelah dibajak oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab?

Anda juga bisa memantau apakah ada orang lain yang memakai akun Anda dari tempat lain.

Caranya:

- Buka pengaturan keamanan dan login

- Buka bagian tempat Anda login. Anda mungkin harus mengklik 'Lihat Selengkapnya' untuk melihat semua sesi tempat Anda

- Cari sesi yang ingin Anda akhiri. Klik, lalu klik Logout. Mengklik Logout akan langsung mengeluarkan Anda dari Facebook di perangkat tersebut.

Jangan lupa juga untuk segera mengaktifkan autentikasi dua faktor sehingga akun semakin kuat keamanannya. Jika login ke Facebook di komputer, Anda bisa menggunakan Pemeriksaan Keamanan untuk meninjau pengaturan keamanan Anda.

Cara mengaktifkan two-step authentication

Untuk mengaktifkan atau mengelola autentikasi dua faktor di Facebook:

- Buka Pengaturan Keamanan dan Login Anda

- Gulir turun ke Gunakan autentikasi dua faktor dan klik Edit

- Pilih metode keamanan yang ingin Anda tambahkan dan ikuti petunjuk di layar

- Ketika menyiapkan autentikasi dua faktor di Facebook, Anda akan diminta memilih salah satu dari tiga metode keamanan yakni mengetuk kunci keamanan Anda di perangkat yang kompatibel, kode login dari aplikasi autentikasi pihak ketiga, atau kode SMS dari ponsel Anda.(***)

Posting Komentar