Sah! Jadi Pimpin NU Jabar, Ini Profil KH Juhadi Muhammad !

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat punya nahkoda baru, KH Juhadi Muhammad yang juga mantan Ketua PCNU Indramayu tiga priode sukses terpilih sebagai Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Barat masa Khidmah 2021-2026 mengungguli KH Hasan Nuri Hidayatullah atau Gus Hasan yang menjabat di periode sebelumnya. Kiai Jebolan Pesantren Babakan Ciwaringin dan Lirboyo ini, terpilih setelah musyawirin dari sejumlah Cabang PCNU mempercayakannya dengan keterpilihan 19 suara dalam Konferensi Wilayah ke XVIII di Grand Asrillia Bandung, 30-31 Oktober 2021.
KH Juhadi Muhamad, Ketua Tanfidziah PWNU Jawa Barat 2021-2026


Sementara itu, di barisan Syuriah, lewat pemilihan sidang Ahlul Hali Wal aqdi (Ahwa) 7 Ulama, Pimpinan Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta yang juga wakil Rois Syuriah PWNU Jawa Barat Dr KH Abun Bunyamin, terpilih dari 24 nama Ulama lainnya, keunggulan Kiai Abun terpaut 6 suara dari KH A Maulana ZA. 

Duet Dua tokoh Indramayu dan Purwakarta ini, akan mewarnai dinamika warga Nahdliyin Jawa Barat masa khidmat 2021-2026 mendatang.

Lalu, seperti apa, figur KH Juhadi Muhammad ? Berikut profil singkatnya seperti yang di kutip NU Chanel.

Nama lengkapnya KH Juhadi Muhammad, namanya begitu terkenal di Indramayu maupun Jawa Barat bahkan sampai ke kancah nasional. Hal itu karena beliau Ketua PCNU Kabupaten Indramayu Tiga Periode dengan segudang prestasi.


Beberapa prestasinya yaitu Lembaga Amil, Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Indramayu menjadi lembaga yang mampu hadir di masyarakat dengan menyalurkan 16 Miliar untuk Bantuan Masyarakat dalam berbagai bentuk.

Hingga saat ini NU Care-LAZISNU Indramayu Jawa Barat memiliki 15 mobil ambulans NU Peduli yang digunakan untuk membantu masyarakat di Indramayu.

Selain itu, ia seorang Ulama kharismatik Kota Mangga ini mendapatkan penghargaan dalam bidang pengembangan organisasi kemasyarakatan (Ormas) yaitu Dianugerahi Tokoh Agama Pengembang Ormas.

Penghargaan bergengsi ini diberikan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI).

Selain itu sosok ulama pengusaha ini juga mendapatkan penghargaan dari Presiden Tahun 2001 Bidang Intensifikasi Tambak Terbaik I se-Indonesia ini.

Tidak salah memang karena sosok ulama sekaligus pengusaha perikanan di Kabupaten Indramayu itu memimpin organisasi keagamaan terbesar di Kota Mangga, yakni Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) selama tiga periode berturut-turut sejak periode tahun 2006 hingga tahun 2021 nanti. 

Kang H Juhadi, sapaan akrab masyarakat Indramayu dan Jawa Barat adalah putra dari tokoh ulama di Desa Karanganyar Kecamatan Pasekan, Indramayu, KH Muhammad dan ibu Nyai Hj Rokilah yang lahir pada Tanggal 14 Januari Tahun 1968. Sejak kecil ia telah dididik dalam lingkungan keluarga yang taat beragama dan kesehariannya diisi dengan ngaji serta pendidikan keagamaan di keluarga serta lingkungannya. 

Juhadi kecil setelah menempuh pendidikan dasar di desanya, kemudian dikirim oleh orang tuanya untuk mesantren di Babakan Ciwaringin Cirebon pada tahun 1982  hingga 1985. Setelah dari Pesantren Babakan kemudian melanjutkan mendalami ilmu agama di Pesantren Lirboyo, Kediri, Jatim selama tiga tahun dan lulus pada tahun 1988. 

Selepas menuntut ilmu di pesantren, Juhadi muda kembali ke rumah dan mulai aktif mengembangkan keagamaan di desanya sambil mulai merintis usaha dalam bidang perikanan dengan menjadi bakul udang. Sedikit demi sedikit, usahanya terus berkembang hingga ia menggeluti usaha budidaya tambak udang dan bandeng hingga sekarang. 

Suami dari seorang isteri yang bernama Hj Maskunah ini, dikenal sebagai sosok yang ulet, gigih dan pantang menyerah dalam mengembangkan usahanya, bahkan Kang H Juhadi juga dikenal sebagai pengusaha perikanan yang kreatif dan inovatif karena berhasil menemukan berbagai terobosan baru dalam teknik budidaya. 

“Saya mulai merintis usaha sejak nol dan hingga berkembang seperti saat ini adalah berkat karunia Allah SWT juga kerja keras dan prinsip pantang menyerah. Kita harus memiliki basis ekonomi yang kuat untuk berjuang mengembangkan agama atau khidmah pada Nahdlatul Ulama agar kita tidak jadi peminta-minta atau memanfaatkan organisasi untuk kepentingan sendiri. Kita jangan mencari hidup di NU tetapi kita harus bisa menghidupi NU,” ujar KH Juhadi Muhammad.

Dalam bidang usaha, bukan hanya sektor perikanan yang ditekuni oleh Kang H Juhadi, melainkan ia kembangkan ke usaha transportasi, perdagangan, kesehatan, konstruksi, perumahan dan berbagai jenis usahanya lainnya yang dikembangkan melalui perusahaan di bawah bendera PT Dua Putra Persada.

Setelah sukses membangun usaha perikanan, Kang H Juhadi mulai merintis lembaga pendidikan agama dengan mendirikan  Yayasan Al Hidayah pada Tahun 2000. Ayah dari empat orang putra, masing-masing bernama H Mohammad Hafidz,  Muhammad Mawahibul Maula, Muhammad Syahrul Mubarok dan Muhammad Iqbal Romdloni ini, begitu gigih mengembangkan pondok pesantren dan lembaga pendidikan formal, sehingga yayasan yang ia dirikan, saat ini telah memiliki pondok pesantren dengan jumlah santri yang banyak, memiliki Madrasah Diniyah, SMP NU, SMK NU dan SMA NU. 
Khidmah di PCNU Indramayu dimulai oleh Kang H Juhadi sejak tahun Tahun 2001-2006 dengan menduduki jabatan sebagai Bendahara PCNU Indramayu. Kemudian pada tahun 2006 ia terpilih menjadi Ketua PCNU dan terus dipercaya oleh warga NU untuk menakhodai organisasi keagamaan terbesar di Indramayu tersebut hingga tiga periode berturut-turut. 

Berbagai keberhasilan telah diraih Kang H Juhadi dalam memimpin PCNU Indramayu, di antaranya mendirikan Gedung Pusat Dakwah NU yang berdiri megah di tengah Kota Indramayu, mendirikan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) NU, mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam NU (STIDKI NU), memajukan LAZISNU hingga mendapat kepercayaan besar dari warga untuk menyalurkan ZIS, Pembelian tanah seluas 8000m2 senilai Rp 1.2 M yang akan di peruntukan untuk  pembangunan Rumah sakit Nahdlatul ulama dan Perguruan tinggi, dan melakukan pengembangan lembaga pendidikan, pemberdayaan perekonomian warga, penguatan kelembagaan dan keorganisasian dan berbagai keberhasilan program lainnya yang jumlahnya sudah tidak terhitung lagi.

“Dari sekian banyak keberhasilan kepengurusan kami selama tiga periode berturut-turut ini, ada satu program yang saat ini tengah kami jalankan, yakni pendirian Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Indramayu. Semoga dengan kebersamaan dan kekompakkan seluruh warga NU, rumah sakit yang sangat kita idam-idamkan tersebut akan segera terwujud,” ujar pria yang pernah mendapat penghargaan dari Presiden Tahun 2001 Bidang Intensifikasi Tambak Terbaik I se-Indonesia ini.

Selain menjadi Ketua PCNU Indramayu, KH Juhadi Muhammad juga dikenal aktif dalam berbagai organisasi daerah maupun nasional, di antaranya menjadi Ketua Koalisi Masyarakat Pesisir Indramayu (KOMPI), Ketua Himpunan Alumni Santri Lirboyo (Himasal) Provinsi Jawa Barat, Dewan Pembina Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) dan beberapa organisasi lainnya. 

“Apa yang saya lakukan selama ini, semata-mata untuk khidmah pada kiai, berjuang untuk kebesaran NU dan saya memegang prinsip hidup, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain. Keberhasilan dan kemajuan yang NU Indramayu raih  bukanlah keberhasilan saya pribadi melainkan keberhasilan seluruh warga Nahdliyin yang diperoleh berkat kerja sama dan dukungan seluruh komponen warga NU. 

Tentu sebagai manusia biasa, saya masih banyak kekurangan dan kelemahannya bahkan PCNU Indramayu sekalipun memiliki segudang prestasi oleh karenanya saya sangat terbuka untuk menerima kritik dan masukan yang konstruktif, semata-mata demi kemajuan dan kebesaran Nahdlatul Ulama,” pungkas kiai low profile dan sangat dermawan ini. 

Saat ini KH Juhadi Muhammad menjadi salahsatu calon PWNU Jawa Barat Masa Khidmat 2021-2026 yang akan diselenggarakan di Bandung 30-31 Oktober 2021. 

Berbagai dukungan hadir dari berbagai kalangan, mulai dari PCNU, Pondok Pesantren hingga tokoh-tokoh penting. (Rd/rls)
Posting Komentar