Meriahkan Hari Santri Nasional Ribuan Santri Bentangkan Merah Putih di Karawang

Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober, ribuan santri bersama warga Nahdliyyin bentangkan bendera merah putih dan bendera NU ratusan meter saat Kirab di akses jalan Pulosari - Ciwulan Kecamatan Telagasari, Senin (25/10). Kegiatan kirab di akses jalan dan areal pesawahan tersebut, merupakan rentetan Hari Santri Nasional (HSN) dan Harlah PCNU Karawang ke 84 yang di pusatkan di komplek Pondok Pesantren Attarbiyyah Ciwulan.
Selain mengagendakan beragam cabang lomba yang identik dengan santri seperti Qasidah, Qiratul Kutub, Cover Sholawat Asygil dan Muhadhoroh/pidato, rangkaian hari santri selama 3 hari berturut-turut tersebut juga di tutup dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang di hadiri barisan PCNU Karawang, Pimpinan Partai Politik, Ormas dan Birokrat.

Panglima Santri Karawang Ahmad Zamakhsyari mengatakan, kegiatan kirab dan rangkaian hari santri ini terselenggara dengan baik di komplek pesantren Attarbiyyah. Pihaknya ingin memberi pesan moral, bahwa santri tetap eksis baik sejak era masa kemerdekaan dimana hadratu Syaikh Hasyim Asy'ari melahirkan fatwa fenomenal resolusi Jihad melawan penjajahan, juga saat ini para santri jadi penebar kebaikan bagi masyarakat. Kirab yang dilakukan sendiri, sebut Jimmy, dilakukan di akses jalan dan pesawahan, di mana ia pastikan bahwa para santri terus mendukung Karawang untuk mempertahankan statusnya sebagai lumbung pangan nasional dan harus lebih peduli pada gressroot.

"Kita berjalan bersama santri dan warga NU menggelar kirab ini untuk mengenang betapa letih dan dahsyatnya perjuangan para santri dan Kiai di masa penjajahan dahulu memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan, karena Indonesia dan NU tidak dapat kita pisahkan, " Katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia HSN 2021 PCNU Karawang, KH Anwar Hilmi mengatakan, ini adalah kali ketiga baginya di dapil menjadi kepanitian hari santri. Ia menghaturkan terimakasih atas kehadiran, baik peserta lomba dari berbagai sekolah, pondok pesantren dan MWC NU yang sudah berpartisipasi, juga kepada semua tamu undangan yang dengan suka rela menghadiri rangkaian kegiatan HSN di Pesantren Attarbiyyah ini dengan khidmat.

"Semoga keberkahan NU dan para Muassisnya selalu menyertai kita semua. Ditengah segala keterbatasan, ia menghaturkan terimakasih, " Pungkasnya.

Hadir dalam sejumlah rangkaian hari santri tersebut, Sekretaris Daerah Karawang, H Acep Jamhuri, Kapolres Karawang, perwakilan Kementrian Agama dan Kejaksaan Negeri, Ormas Al Irysad Ketua DPD Partai Golkar H Sukur Mulyono, Ketua DPD PKS H Budiwanto, Sekretaris DPC PKB Ricky Sofyan dan sejumlah Banom dan MWC NU Se Kabupaten Karawang.(Red)
Posting Komentar