Karawang Canangkan Penghijauan di Sejumlah Ruang Terbuka Hijau

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang mencanangkan penanaman pohon di sejumlah kecamatan memasuki musim penghujan tahun ini. Hal ini merupakan bagian dari upaya penghijuan di sejumlah ruang terbuka hijau (RTH).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang Wawan Setiawan mengatakan, sedikitnya ada tiga jenis pohon buah yang di sebar di kecamatan. Yakni jeruk, rambutan, dan mangga.

"Akhir tahun ini kita sudah siapkan 15 ribu pohon yang berasal dari bantuan perusahaan dan APBD kita," kata Wawan, Jumat (22/10/2021).

Meski begitu, kata Wawan, masih dibutuhkan ribuan pohon untuk ditanam di sejumlah RTH di Karawanh. Ia menyebut Karawang memiliki 69 persen RTH dari yang ditentukan undang-undang. Yaitu 30 persen dari luas wilayah. Hanya saja, kata dia, RTH terbagi dua yaitu RTH untuk publik dan RTH pribadi.

"Karawang kan banyak area persawahan ya jadi itu masuk RTH pribadi," katanya.

Sehingga, bantuan perusahaan melalui corporate social responsibility (CSR) sangat dibutuhkan. Akan tetapi baru sekitar 10 persen CSR perusahaan yang diperuntukkan bagi sektor lingkungan. "Kebanyakan CSR perusahaan fokus untuk pendidikan dan kesehatan. Kalau lingkungan masih sedikit makanya kita anggarkan melalui APBD," katanya.

Menurut Wawan, baru sedikit perusahaan yang berpartisipasi dalam mendukung penanaman pohon. Jika dibandingkan jumlah perusahaan di Karawang yang mencapai 15000 perusahaan, menurutnya yang aktif menanam pohon hanya puluhan.

"Masih sedikit jumlah perusahaan yang aktif membantu menanam pohon. Tapi nanti akan kita coba berkomunikasi lagi," katanya. (Gh)
Posting Komentar