Perhatian ! Saat Ini Banyak Jabatan Kosong di Lingkungan Pemkab Karawang

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karawang menyatakan ada seratus lebih jabatan kosong di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang.

Foto ilustrasi: Pelantikan pejabat Karawang beberapa waktu yang lalu

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karawang, Jajang Jaenudin menjelaskan, saat ini ada seratus jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang tidak terisi.

Banyaknya kekosongan jabatan ini karena pejabat sebelumnya sudah pensiun dan ada juga yang karena meninggal dunia pada masa pandemi Covid-19.

"Dari seratusan lebih jabatan kosong itu, 12 diantaranya ialah jabatan setingkat eselon 2b seperti kelapa dinas maupun sekretaris dinas," kata Jajang, pada Kamis (9/9/2021).

Dijelaskannya, beberapa jabatan kosong diantaranya ialah jabatan setingkat eselon 2b seperti Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Dinas Perikanan, Dinas Pangan, Dinas Arsip dan Perpustakaan, Bapenda.

Kemduan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Staf Ahli 2 orang, dan Asisten Daerah 2 orang.

“Kalau untuk Capil sudah dilelang tinggal menunggu finishing dari pemda kemudian pelantikan,” jelas dia.

Sedangkan untuk 11 jabatan eselon 2b lainnya, kata dia, proses pengisiannya bisa melalui open biding atau dengan rotasi. Tetapi ia juga belum mengetahui kapan pengisian jabatan yang kosong ini akan dilakukan.

“Diisinya kapan saya belum tahu. Belum tentu open biding. Bisa saja rotasi kemudian open biding,” katanya.

Dikatakan Jajang, per tanggal 28 Agustus 2021 kemarin Pemkab Karawang sudah dibolehkan melaksanakan rotasi atau open biding untuk mengisi jabatan kosong tanpa harus meminta izin ke Kemendagri. Karena sudah 6 bulan sejak pelantikan bupati dan wakil bupati.

“Kalau kemarin sebelum 6 bulan harus izin ke Mendagri, tapi tidak mengusulkan izin karena prosesnya lama dan panjang,” ujarnya.

Selain jabatan kepala dinas, jabatan sekretaris di beberapa OPD juga kosong. Diantaranya Sekretaris Dinkes, Dinsos, Disdukcapil, Disnakertrans, DPPKB, DPMPTSP, Disparbud dan Bappeda.

Camat juga ada beberapa yang kosong, diantaranya Camat Cikampek, Telukjambe Timur, Rawamerta, Klari, Lemahabang dan Tempuran,seperti dikutip dari warta Kota.

Tetapi meski banyak jabatan yang kosong, kegiatan pemerintahan tetap bisa berjalan dengan optimal. “Yang kosong ini diisi sementara oleh pelaksana tugas, walaupun memang baik segera dilakukan pengisian jabatan khususnya jabatan kepala dinas," tandasnya. (***)

Posting Komentar