Subsidi Gaji Dikirim ke Rekening 8,7 Juta Orang, Maaf 5 Jenis Karyawan Ini Tak Dapat BLT BPJS Ketenagakerjaan

Sebanyak 8,7 juta orang karyawan akan mendapatkan BSU subsidi gaji atau BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021. Uang bansos Rp 1 juta akan dikirimkan langsung ke rekening penerima.

Sebelumnya, Menaker Ida Fauziyah menjelaskan bantuan subsidi gaji akan disalurkan melalui bank Himbara. Bank penyalurnya adalah BRI, BNI, BTN, Bank Mandiri, dan BSI (khusus untuk Aceh).

"Penerima bantuan yang belum memiliki rekening di bank-bank tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan akan membukakan rekening secara kolektif di bank Himbara dan BSI," ungkap Ida saat konferensi pers virtual yang ditayangkan kanal YouTube Kemenaker.

Namun maaf, ada lima jenis karyawan yang tidak akan mendapatkan BSU subsidi gaji. Sebab, pemerintah telah menetapkan persyaratan dan kriteria karyawan penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp 1 juta dalam Permenaker Nomor 16 Tahun 2021.

Adapun, lima jenis karyawan yang tidak akan mendapatkan bantuan tunai subdisi gaji Rp 1 juta adalah:

1. Karyawan berkewarganegaraan asing (WNA).

2. Karyawan bukan peserta jaminan sosial tenaga kerja dan masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan hingga Juni 2021.

3. Karyawan tidak berada di wilayah PPKM Level 4 atau PPKM Level 3, sesuai dengan yang ada di lampiran Permenaker 16/2021.

4. Karyawan memiliki gaji di atas Rp 3,5 juta sesuai yang dilaporkan perusahaan ke BPJS Ketenagakerjaan.

5. Khusus wilayah PPKM Level 3 atau 4 yang UMP/UMK lebih tinggi dari Rp 3,5 juta, batas gaji disesuaikan dengan UMP/UMK yang dibulatkan seratus ribuan. Nah, karyawan yang melebihi batasan itu tak akan mendapatkan BLT subsidi gaji.

Pemerintah memprioritaskan BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp 1 juta diberikan kepada pekerja/ buruh penerima upah/gaji. Selain itu, diutamakan bagi karyawan yang bekerja di sektor usaha industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa (kecuali pendidikan dan kesehatan).

Jika tak termasuk dalam lima jenis karyawan yang tidak dapat menerima BSU subsidi gaji, bersiap-siap BLT BPJS Ketenagakerjaan akan dikirimkan langsung ke rekening.***

Posting Komentar