no fucking license
Bookmark

BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Hujan Lebat Hingga November Mendatang

Musim kemarau dengan curah hujan yang cukup tinggi tengah melanda hampir seluruh wilayah di Indonesia. Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat untuk selalu waspada.

Sebelumnya BMKG telah memprediksi kedatangan musim kemarau yang relatif basah ini pada Maret lalu. Bahkan, bencana hujan lebat dan banjir disebut akan berlangsung hingga November mendatang.

"Potensi hujan lebat dan banjir dengan intensitas tinggi melanda Aceh Timur, Sumatra, Sulawesi Barat, Papua Barat, dan Kalimantan hingga November,” kata Dwikorita ,pada Rabu, 11 Agustus 2021.

Dwikorita menjelaskan, potensi hujan lebat dan banjir diprediksi akan melanda Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Maluku Utara, dan Papua dalam tiga hari kedepan. Ia menambahkan, fenomena ini terjadi karena faktor geografis Indonesia yang sangat luas.

“Kondisi suhu muka air laut yang semakin hangat sudah mencapai 29 derajat celcius, kenaikan suhu mencapai lebih dari 1 derajat celcius,” jelas Dwikorita.

Kondisi topografi Indonesia yang dipenuhi oleh gunung dan bukit, serta terdapat sirkulasi sinkronik disebut menjadi faktor lain yang memengaruhi terjadinya fenomena ini. Selain itu, terdapat gelombang atmosfer di sekitar khatulistiwa, serta aliran udara dingin dari Benua Australia.

Dwikorita tak henti mengingatkan masyarakat untuk bersiaga menghadapi potensi terjadinya cuaca buruk ini. Masyarakat dapat memantau kondisi cuaca terkini di wilayah masing-masing melalui aplikasi info BMKG.(***)

Posting Komentar

Posting Komentar

Close x