OJK Perluas Inklusi Keuangan pada Pelajar

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dan PT Bank Jabar dan Banten Syariah (bank bjb syariah) menyelenggarakan sejumlah kegiatan, diantaranya yaitu memperingati Hari Indonesia Menabung, yang diperingati setiap tanggal 20 Agustus.

Kegiatan yang terdiri dari akuisisi rekening pelajar, publikasi dan edukasi keuangan secara masif melalui kegiatan KEJAR Prestasi Anak Indonesia (KREASI) tahun 2021 dengan tema “Satu Rekening Satu Pelajar, Wujudkan Impian Anak Indonesia” yang diselenggarakan sepanjang bulan Juli hingga Agustus 2021. 

OJK KR 2 Jawa Barat bersama dengan bank bjb syariah dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat serta Anggota DPR RI Komisi XI Puteri Komarudin menyelenggarakan Webinar kepada guru, pelajar dan orang tua/wali murid di Jawa Barat dengan tema “Menumbuhkan Budaya Menabung Sejak Dini” sebagai pembukaan dari rangkaian program KEJAR Jawa Barat tahun 2021.

Tidak hanya edukasi keuangan tentang pentingnya menabung yang disampaikan oleh narasumber dari OJK KR 2 Jawa Barat dan BJBS namun pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan simbolisasi penyerahan tabungan Simpel iB kepada 1000 pelajar.

“Kita dukung Program Pemerintah dan OJK untuk menyukseskan program satu rekening satu pelajar atau KEJAR. Program ini selain untuk meningkatkan inklusi keuangan juga memberi pemahaman terhadap produk keuangan sejak dini terutama kepada pelajar yang memiliki potensi masih sangat besar sehingga diharapkan indeks literasi dan inklusi keuangan semakin meningkat” disampaikan oleh Anggota DPR RI Komisi XI Puteri Komarudin yang memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut, Jumat (16/7/2021).

Pemerintah Daerah  Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Kepada Biro Pereknomian Setda Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar juga hadir pada kegiatan tersebut dan menyampaikan dukungan kegiatan ini. 

"Pemerintah Daerah provinsi Jawa Barat, siap mendukung program  ini sebagai salah satu bentuk percepatan akses keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat di Jawa Barat, yang kita mulai dari  anak-anak usia dini di tingkat pelajar, sekali lagi kami sangat support terhadap program ini," katanya.

Dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah dan industri, OJK KR 2 berharap kegiatan dapat menguatkan sinergi antara OJK, Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK), Pemerintah Provinsi dan Lembaga/Kementerian untuk menyusun dan merealisasikan program peningkatan literasi dan inklusi keuangan untuk mencapai target inklusi keuangan nasional 90% pada tahun 2024 diawali dengan pemahaman pentingnya menabung sejak dini.

Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono mengatakan, sebagai bentuk komitmen dalam implementasi Program Kejar, OJK dan Kementerian/Lembaga terkait saat ini sedang menyusun penerbitan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Implementasi KEJAR dalam rangka meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. 

"SKB dimaksud direncanakan akan ditandatangani pada tanggal 20 Agustus 2021 bertepatan dengan Hari Indonesia Menabung. Dengan adanya penerbitan SKB diharapkan dapat meningkatkan budaya menabung pada pelajar seluruh Indonesia khususnya di Jawa Barat," tuturnya. (jbl)

Posting Komentar