Warga Heboh Lihat Matahari Terbit Dari Utara, Ini Penjelasan Resmi BMKG


Warga Sulsel heboh dengan informasi yang disampaikan oleh salah seorang guru madrasah di Kabupaten Jeneponto. Melihat matahari pagi ini terbit dari arah utara. Bukan dari arah timur.

Kesaksian seorang guru yang direkam video kemudian tersebar di media sosial ini pun viral. Membuat warga percaya dan tidak percaya.

“Melaporkan dari lokasi MAN Binamu. Sesuatu yang sangat aneh telah terjadi. Dimana matahari berada pada posisi di utara pagi ini pada hari kamis tanggal 17 juni,” ungkap pria video berdurasi 3.32 menit.

Melansir Suara.com, Pria tersebut mengaku menyaksikan dan merekam peristiwa aneh tersebut pada pagi Pukul 08.00 Wita.

"Sekarang baru menjelang jam 8 matahari sudah berada pada posisi utara,” katanya.

Agusmin H Prakirawan BMKG Makassar mengatakan kepada SuaraSulsel.id, fenomena tersebut memang benar adanya.

Fenomena tersebut merupakan hal yang lumrah atau normal terjadi pada setiap tahunnya. Fenomena tersebut biasanya disebut Gerak Semu Matahari (GSM).

GSM merupakan suatu fenomena alam dimana kedudukan matahari seperti bergerak/bergeser ke utara dan selatan. Fenomena GSM ini terjadi setiap tahun. Dimana untuk kondisi saat ini matahari sedang bergerak/bergeser ke utara dan puncak kedudukannya di utara yaitu pada tanggal 21 Juni.

Hal ini terjadi akibat dari pergerakan bumi yang mengelilingi matahari atau biasa disebut revolusi bumi sehingga posisi dari matahari seakan-akan terlihat terbit di utara.

"Tidak usah panik," kata Agusmin.***

Posting Komentar