Puslabfor Mabes Polri Bakal Selidiki Kebocoran Gas Pindodeli 2

Polres Karawang segera menurunkan Puslabfor Mabes Polri untuk menyelidiki penyebab kebocoran gas caustic soda PT Pindo Delli 2 yang di duga membuat ratusan warga Kutamekar Kecamatan Ciampel, keracunan dan dilarikan ke layanan medis. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Karawang, AKBP Rama Samatama Putra. 

"Kita telah meminta Puslabfor Mabes Polri untuk selidiki penyebab kebocoran gas caustic soda. Serta di lokasi kejadian sudah kita lakukan status quo dan pasang police line," kata Rama kepada wartawan seusai mediasi di Kantor Desa Kutamekar, Kamis (3/6/21) sore. 

Lanjut Rama, tidak ada kegiatan terlebih dahulu di lokasi kejadian sampai dari Puslabfor Mabes Polri melakukan oleh tempat kejadian perkara (TKP). Pihaknya juga telah melakukan  pendalaman dan memeriksa saksi-saksi di Mapolres Karawang. 

"Untuk penyebab kebocoran dan titik lokasi, kita masih menunggu hasil olahraga tempat kejadian perkara (TKP) dari Puslabfor Mabes Polri. Mengungkap untuk sekarang ini masih terlalu dini," jelas Rama. 

Sebelumnya, ratusan warga Kampung Cigempol Rt 01 dan 02, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel keracunan akibat kebocoran gas caustic soda dari PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills II, Kamis (3/5/21) pukul 11.30 wib. Beberapa orang korban jatuh pingsan dan bawa kedua rumah sakit. 

Berdasarkan pantauan di lapangan, korban dievakuasi di Kantor Desa Kutamekar. Belasan mobil ambulance masih terus berupaya melakukan evakuasi menjemput warga di rumahnya masing-masing. Bahkan ada warga harus dipasang alat bantu pernapasan. 

Salah seorang warga yang menjadi korban, Ina Marlina (18) mengatakan, awal ada asap berwarna putih, Kamis (3/5/21) sekitar pukul 11.30 wib, mata perih kemudian bau menyekat dan sesak napas serta mual pengen muntah. 

"Kejadian ini sering terjadi dan di tahun 2021 sudah dua kali, terakhir saat bulan puasa kemarin namun tidak parah. Kebocoran gas ini yang paling parah," katanya saat ditemui Kantor Desa Kutamekar. (Rd/rls)

Posting Komentar