Operasikan AICC, Angkasa Pura Pantau Bandara Soetta secara Online

Setelah meresmikan pengoperasian Airport Infrastructure Control Center (AICC) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), kini PT Angkasa Pura/AP II (Persero) dapat melakukan pemantauan fasilitas dan infrastruktur secara online di bandara tersibuk dan terbesar di Indonesia.

"AICC dilengkapi dengan berbagai teknologi termasuk perangkat lunak (software) terkini dan perlengkapan modern guna terkoneksi secara online dengan fasilitas dan infrastruktur di Bandara Soetta, sehingga dapat dilakukan pemantauan aktivitas fasilitas dan infrastruktur secara online," jelas Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin melalui keterangan tertulis, Selasa (22/6/2021).

Adapun fasilitas dan infrastruktur yang dipantau mencakup sistem kelistrikan, transportasi dalam gedung, X-ray & walk through metal detector (WTMD), sistem alarm kebakaran, dan sirkulasi udara yang ada di seluruh terminal penumpang (Terminal 1, 2 dan 3), serta fasilitas di luar terminal seperti pembangkit Main Power System 1, 2 dan 3, sistem CCTV, bandwidth data & jaringan, hingga pengelolaan air bersih.

Lebih lanjut Awaluddin mengatakan, pengoperasian AICC juga untuk mencapai tiga tujuan utama dalam menjaga kualitas pelayanan, yakni mempertahankan keandalan dalam pelayanan (service reliability), merespons cepat masukan pelanggan (service recovery), dan sebagai sistem peringatan dini (service availability).

Melalui AICC, lanjut dia, AP II juga dapat melakukan analisis kebutuhan fasilitas dan infrastruktur di masa depan dengan lebih cepat guna mendukung peran lebih bandara sebagai pusat aktivitas perekonomian. "Saat ini bandara bukan sekedar tempat naik dan turun dari pesawat saja. Bandara Soetta kini berperan sebagai penghubung semua kegiatan ekonomi. Kalau sekarang ada istilah Internet of Things (IoT), maka ke depan akan ada Airport of Things (AoT)," ungkapnya.

Adapun fasilitas baru ini sesuai visi AP II untuk menjadi "Airport Enterprises Leader In The Region" melalui pengembangan advanced infrastructure, digital technology, sensors & connectivity, data integration, dan data analytics & security, yang seluruhnya bertujuan untuk pelayanan kepada seluruh pelanggan dan mewujudkan digital savvy organization.

Lebih lanjut, Awaluddin mengatakan AICC memiliki enam tugas dalam memantau fasilitas dan infrastruktur, yaitu:
- Mengumpulkan data dari sistem dan perlengkapan yang ada;
- Melakukan analisisi data dan visual;
- Memantau 24/7 seluruh fasilitas dan infrastruktur;
- Memaksimalkan kolaborasi dan koordinasi;
- Manajemen perawatan sistem dan perlengkapan;
- Manajemen penggunaan aset sistem dan perlengkapan.

Kehadiran AICC ini melengkapi Airport Operation Control Center (AOCC) yang sudah dioperasikan sejak 2017. AICC bertugas memantau kinerja fasilitas dan infrastruktur, sementara AOCC wadah koordinasi seluruh stakeholder Bandara Soetta untuk memastikan operasional bandara dan penerbangan berjalan lancar dengan tetap menjaga kualitas pelayanan. Ruangan AICC sendiri berada di gedung Airport Operation Control Center (AOCC).***zs

Posting Komentar