Manfaatkan Hasil Laut Karawang, Warga Cilamaya Produksi Terasi Parean Jaya

Berada di daerah pesisir dan berbatasan langsung dengan laut Jawa membuat Desa Rawagempol Kulon, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang ini kaya akan sumber daya alam, terutama biota lautnya.(11/6/2021).

Foto : Terasi Parean Jaya Cilamaya Wetan

Dari sektor perikanan merupakan salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan memiliki potensi dijadikan sebagai penggerak utama (prime mover) ekonomi nasional.

Ida widya Utami seorang Penyuluh Pertanian di Kecamatan Cilamaya Wetan sebutkan, warga di daerah pesisir kampung Parean, Dusun Amarta, Rawagempol Kulon sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan. Sebagai dari nelayan tersebut,sambung Ida, ada warga memanfaatkan biota laut berupa udang rebon untuk membuat produk olahan berupa Terasi.

Foto : Terasi Parean Jaya Cilamaya Wetan

Masih kata Ida, hasil tangkapan nelayan berupa udang rebon ini dijemur di bawah sinar matahari, kemudian dilakukan penggilingan dan pencetakan. Setelah itu dilakukan penjemuran kembali dan akhirnya dilakukan pengemasan dengan menggunakan kertas atau plastik. Terasi ini kemudian dikenal dengan nama Terasi Parean Jaya.

Foto : PPL Cilamaya Wetan

Ida pun mengatakan,terasi Patean Jaya bercita rasa khas, berkualitas, dan berbeda dibandingkan dengan terasi pasaran pada umumnya di Kabupaten Karawang.

Kemudian PPL ini berpesan, bila berkunjung ke Cilamaya Wetan jangan lupa untuk membeli produkerasi produksi Kampung Parean ya... Cintaii produk lokal Karawang yang pasti Indonesia banget,pungkasnya.**red
Posting Komentar