Kebakaran Tidak Ganggu Operasional Kilang Pertamina di Cilacap

Operasional kilang Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Provinsi Jawa Tengah, tidak terganggu meskipun terjadi kebakaran di area kilang benzene dan paraxylene kompleks pertangkian T39.Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Sabtu (12/6/2021).

Kilang Minyak Cilacap Terbakar

"Tadi saya sudah melihat langsung situasi di sana  terkendali. Satu titik api sudah selesai, ada satu lagi yang masih harus diselesaikan dan teman-teman masih berupaya keras untuk menyelesaikan," kata Nicke.

Menurut Nicke, ada dua hal yang ingin disampaikan, yang pertama operasional kilang tidak terganggu karena kilang beroperasi normal baik untuk produk benzene dan paraxylene maupun produk lainnya seperti bahan bakar minyak (BBM), elpiji, serta lube base oil dan petrochemical.

Dengan demikian, komitmen kepada masyarakat dalam hal penyediaan produk-produk tersebut juga tidak terganggu.

"Yang kedua, komitmen kami kepada customer khususnya pada benzene, semua sudah terpenuhi untuk industri," ujar Nicke.

Menurut dia, pihaknya juga punya cadangan benzene di PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) karena TPPI menghasilkan produk yang sama, sehingga suplai terhadap industri tidak terkendala.

 Nicke mengatakan fokus Pertamina saat ini adalah segera menyelesaikan titik kebakaran yang masih terjadi.

"Dan yang paling penting dari semalam saya tekankan, jangan sampai ada korban. Alhamdulillah semuanya safety standard sudah diterapkan, sehingga betul-betul aman areanya. Jadi, Insya Allah ini juga tidak ada risiko," ungkap Nicke.
 
Benzene adalah senyawa kimia organik yang merupakan salah satu komponen dalam minyak bumi. 
 
Paraxylene adalah bahan baku utama untuk memproduksi PTA (purified terephthalic acid). Paraxylene merupakan hasil produksi kilang petrokimia yang diproduksi dari bahan kondensat atau naptha.
 
Sebelumnya, kebakaran di kompleks pertangkian T39 Pertamina RU IV Cilacap terjadi pada hari Jumat (11/6), pukul 19.45 Waktu Indonesia Barat (WIB), dan hingga saat ini masih dilakukan upaya pemadaman terhadap satu titik api di pipa outlet, sedangkan satu titik api lainnya sudah berhasil dipadamkan.***Rls
Posting Komentar