no fucking license
Bookmark

Kampung Lele Mutiara Diresmikan di Karawang, Lalu Apa Kata Bupati Cellica, Simak Videonya

Dihari Rabu kemarin, 2 Juli 2021, Bupati Karawang, dr Hj.Cellica Nurrachadiana meresmikan Kampung Lele Mutiara di Desa Sumurgede, Cilamaya Kulon. (3/6/2021).
Bupati Karawang
Bupati mengatakan bahwa adanya Kampung Lele Mutiara menunjukkan bahwa Karawang bukan hanya kota industri, namun juga memiliki potensi pembudidayaan dengan penghasilan yang cukup besar.

Keberadaan Kampung Lele Mutiara ini juga diharapkan bisa merubah pola pikir masyarakat bahwa bekerja bukan hanya di pabrik. Banyak peluang untuk menciptakan penghasilan dan menggerakkan perekonomian jika memang mau dan memiliki kemampuan.

Bupati mencontohkan di saat pandemi Covid-19, beberapa sektor perekonomian, seperti industri, transportasi dan sektor lainnya terancam karena Covid-19. Namun, sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang tidak tergerus pandemi.
"Potensi pembudidayaan ikan lele ini juga besar sekali. Kelompok-kelompok pembudidaya kita beri motivasi dan penyuluhan agar produksi bisa meningkat," ujar Bupati Cellica.

Bupati mengatakan, Karawang memiliki kekayaan alam yang luar biasa, dan dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi ini. Karawang memiliki pertanian yang kuat, hasil laut yang baik dan produk UMKM dari hasil alam yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.


Plt Kepala Dinas Perikanan Kab. Karawang, Hanafi mengatakan bahwa didirikannya Kampung Lele Mutiara didasarkan atas nota kesepahaman antara Balai Riset Pembudidayaan Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Dinas Perikanan Karawang untuk riset pengembangan lele mutiara di Karawang.

Menurut Hanafi, alasan dipilihnya Desa Sumurgede untuk pembudidayaan lele mutiara karena beberapa pertimbangan. Yakni Desa Sumurgede bebas banjir, selain itu, akses mudah, serta memiliki akses internet yang mudah. Ia mengatakan, budidaya ikan lele dapat menghasilkan keuntungan sebesar Rp5 juta - Rp13 juta.

"Untuk modal berkisar Rp1 juta sampai dengan Rp5 juta per musim tanam," ujar Hanafi.

Dijelaskan Hanafi, di Desa Sumurgede dan Desa Mangunjaya sebagai desa pendukung pembudidaya sudah memiliki sertifikat baik. Total di Kecamatan Cilamaya Kulon memiliki 114 pembubidaya di kecamatan Cilamaya Kulon. Menjadikan Cilamaya Kulon menjadi pembubidaya ikan lele paling banyak di Karawang.***red

Dalam video berikut juga disampaikan oleh Bupati Cellica tentang UMKM dan Koperasi juga masa depan ternak Lele.

Untuk lebih lengkapnya silakan simak videonya.***
Posting Komentar

Posting Komentar

Close x