no fucking license
Bookmark

Di Tahun 2022 Sekitr 14 Juta Pelanggan Gol 450 VA Bakal Kehilangan Subsidi

Pemerintah berencana mengurangi jumlah penerima subsidi listrik golongan 450 VA tahun depan. Langkah ini diambil agar penyalurannya tepat sasaran.

Saat ini, Kementerian ESDM, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN, dan Kementerian Sosial terus berkoordinasi untuk menyisir data pelanggan listrik 450 VA yang berhak. Data di Kemensos mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan saat ini pelanggan listrik 450 VA sebanyak 24 juta. Sedangkan berdasarkan data DTKS, yang berhak hanya 9,8 juta pelanggan.

"Dari 24 juta pelanggan, ada sekitar 9,8 juta yang ada di DTKS. Untuk subsidi listrik, kita terus berkoordinasi dengan Kemensos untuk data DTKS sekaligus dengan Dukcapil untuk update data NIK bagi pelanggan PLN," kata Bob,berita dikutip Kabarkarawamg.com Kumparan, Minggu (6/6).

Jika mengacu kepada data DTKS yang disebutkan Bob, itu artinya ada 14,2 juta pelanggan 450 VA yang subsidi listriknya akan dicabut.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan rencana ini masih dibahas pemerintah dan DPR. Ditargetkan selesai bulan ini agar segera ddiputuskan.(6/6/2021).

Foto : Tangan Petugas PLN dan KWh Listrik

"Jadi ini belum diputuskan, tapi kami sebagai pelaksana sudah siapkan data-datanya. Ini untuk kepentingan penyaluran subsidi yang tepat sasaran, pemerintah enggak punya niat untuk turunkan subsidinya," kata dia dalam konferensi pers virtual sektor kelistrikan, Jumat (4/6).

Sementara itu, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari mengatakan DTKS memuat 40-45 persen penduduk dengan pendapatan terendah.

Menurutnya, data ini diperbaharui tiap enam bulan sekali. Dari situ, ditemukan ternyata ada pelanggan 450 VA yang seharusnya tidak masuk dalam kelompok masyarakat ekonomi terendah.

"Contohnya kos-kosan ya, biar dapat subsidi ini dipasangi 450 VA ini contohnya banyak. Ini lah yang kita berencana untuk keluarkan dari golongan bersubsidi. Jadi lagi-lagi semangatnya adalah kita ingin subsidinya tepat sasaran," kata dia.***

Posting Komentar

Posting Komentar

Close x