kabarkarawang.com - Kabar berita terkini sekitar karawang hari ini, Media Online di Karawang.


Sebanyak 26 Kelompok tani (Poktan) di Karawang, di guyur Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa traktor roda dua, traktor roda empat, combine harvester, rice Milling hingga puluhan ekor sapi, Kamis (8/6) di Komplek Dinas Pertanian Karawamg. Ke 26 Kelompok tani menerima bantuan dari Kementan RI melalui DPR RI Komisi IV Dapil Garut - Bekasi tersebut, tersebar di Kecamatan Lemahabang, Tirtamulya, Kotabaru, Cilamaya Kulon dan Karawang Timur. Bupati Karawang dr Cellica Nurachadiana di dampingi Asda II Samsuri dan Kepala Dinas Pertanian, menyerahkan langsung bantuan tersebut, secara simbolis kepada para kelompok tani.(10/6/2021).

Bupati Karawang Saat Kegiatan Penyerahan Simbolis Alsintan Kementan RI kepada Puluhan Kelompok Tani Karawang

"Dapil dari Anggota DPR RI PAN ini daerah Garut dan Tasikmalaya, namun bantuanya diberikan kepada kelompok tani di Karawang, karena garapan di Komisi IV, tentunya ini kami menghaturkan terimakasih, " Kata Bupati Karawang dr Cellica Nuraachadiana, Kamis (10/6).

Perlu di ketahui, sambung Cellica, Kabupaten Karawang ini memiliki potensi pertanian yang menyangga pangan bagi daerah lainnya. Dengan luas lahan lebih dari 95 ribu hektar, pertanian masih menjadi sektor andalan ditengah-tengah industrialisasi. Pemkab, sebutnya, komitmen mempertahankan kabupaten ini sebagai lumbung padi, hal ini di tuangkan dalam sebuah regulasi berupa pengaturan tata ruang, lahan pangan pertanian berkelanjutan (LP2B) hingga peraturan perlindungan petani. "Kita sukses produksi 1,3 juta ton GKP pertahun, sementara kebutuhan untuk Karawang sendiri cukup dengan 500 ribu ton, jadi surplus 800 ribu ton itu bisa menyangga kebutuhan kabupaten/kota besar lainnya, " Ungkap Cellica.

Untuk itu, mempertahankan produksi yang konsisten dan terus meningkat, selama 4 tahun terakhir ini, mekanisasi pertanian lewat Alat Mesin Pertanian (Alsintan) terus digenjot, sehingga banyak sebaran kepemilikan di kelompok tani, baik berupa pompa, combine, transplanter, traktor dan lainnya. "Tinggal kita berdayakan poktan-poktan yang ada ini semakin besar lewat upaya mewujudkan Layanan Usaha Alsintan (Bengkel Alsintan), sehingga jangan sampai ketika alatnya rusak, tidak tahu kemana servicenya. Untuk itu, kita minta Dinas data kepemilikan alsintan seluruhnya di Karawang untuk layanan ini kedepan, " Ujarnya.

Kabid Sarana Pra Sarana Distan Karawang Entoh Hendra Permana mengatakan, mengantisipasi kerusakan dan unit yang terbengkalai, Distan sudah menyiapkan beberapa program, sebagai tindak lanjut dari banyaknya bantuan alsintan yang masuk ke Karawang. "Kita siapkan program yang namanya unit pengelola jasa alsintan (UPJA). Sejauh ini kita sudah punya 15 UPJA plus 3 UPJA mandiri milik masyarakat. Ke depan, UPJA ini yang akan mengelola alsintan di Karawang,” paparnya.

Bahkan, sebut Entoh, agar tidak terjadi tumpang tindih aturan. Rencananya UPJA ini akan memiliki AD/ART sendiri. Sehingga, secara aturan dan hukumnya jelas. Agar penggunaan alsintan di daerah bisa lebih optimal. "Untuk kecamatan yang belum ada UPJA, kita sudah siapkan mobil service keliling. Jadi pelayanan akan merata,” pungkasnya.

Sekretaris DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Karawang, Ali Said mengatakan, bantuan ini memang di berikan dari Kementan RI lewat dorongan Komisi IV DPR RI dari dapil Garut - Tasikmalaya. Ini, sudah di komunikasikan dengan baik, semoga ini bisa bermanfaat dan di jaga oleh penerima manfaat" Ujarnya.

Hadir dalam kesempatan penyerahan Alsintan tersebut, selain Kadis Pertanian, juga nampak Asda II, Kabag Perekonomian, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Kepala Dinas Pangan dan sejumlah Pengurus DPD PAN Karawang. (Rd)

Berikut Sejumlah Alisntan Yang akan di Serahkan :


* Traktor Roda Dua
10 Unit untuk 10 Kelompok Tani
* Traktor Roda Empat
8 Unit Untuk 8 Kelompok Tani
* Combine Multiguna
2 unit untuk 2 Kelompok Tani
* Combine Harvester Besar
3 Unit untuk 3 Kelompok Tani
* Rice Milling
1 Unit untuk 1 Kelompok Tani
* Sapi
@20 Ekor Untuk 2 Kelompok Tani


Kabarkarawang.com merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi anda menulis tentang apa pun. Submit tulisanmu secara mandiri Kamu lewat link Berikut Menulis Artikel