Asrama Haji Indramayu Didesain Jadi Destinasi Wisata Religi

Asrama Haji Indramayu akan dijadikan salah satu destinasi wisata religi di Jawa Barat. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Adib, saat menerima anggota DPR RI dalam Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VIII DPR RI di Kabupaten Indramayu Jawa Barat, Kamis (10/6/2021).

Adib mengatakan, Asrama Haji Indramayu sengaja didesain serupa dengan beberapa tempat di tanah suci agar dapat menjadi tempat belajar dan pengobat rindu bagi masyarakat yang belum bisa sampai ke tanah suci.

"Asrama Haji ini, sengaja kami desain dengan beberapa miniatur Makkah dan Madinah, agar masyarakat dapat belajar langsung bagaimana kondisi tanah suci yang sebenarnya dan untuk masyarakat yang belum ke tanah suci dapat menjadi pengobat rindu masyarakat akan tanah suci," jelasnya.

Ditambahkan Adib, pembangunan asrama haji yang sekarang sudah sampai pada pelaksanaan tahap II ini mengalami beberapa kendala, di antaranya belum ada pagar pengaman area asrama haji, tidak sesuainya rencana kebutuhan anggaran dengan realisasi anggaran, tidak adanya anggaran pengelolaan dan pemeliharaan, dan belum adanya air baku yang tersedia.

Anggota DPR RI Selly Andriany Gantina menyatakan bahwa pengelolaan asrama haji yang sudah didesian sangat baik ini harus dikelola dengan baik pula. Sebab, pengelolaan yang baik pasti akan berimbas pada layanan dan benefit yang juga akan kembali ke masyarakat.

"Perjuangan kita belum selesai, pembangunan asrama haji masih akan berlanjut. Kami berharap doa dan dukungan dari semua pihak untuk kesuksesan asrama haji Indramayu ini," ujar Selly.


Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (ASDA II) Maman Kostaman yang hadir mewakili Bupati Indramayu menyampaikan terima kasih atas dibangunnya asrama haji di Kabupaten Indramayu.

"Merupakan penghargaan bagi kami warga Indramayu atas dibangunnya asrama haji di Indramayu. Bangga, haru, dan bahagia kami ucapkan atas nama masyarakat Indramayu," tutur Maman.

Maman berharap ke depan asrama haji dapat menjadi media penggeliat ekonomi yang beberapa waktu lalu sempat lesu sebagai dampak pembangunan tol dan juga Covid 19.

Kunjungan kerja spesifik DPR RI di kabupaten Indramayu dihadiri beberapa anggota DPR RI, dan Plt. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi. ***rs

Posting Komentar