Pasca Lebaran Sudah 29.130 Pemudik Kembali ke Ibu Kota Jakarta

Ternyata ada sebanyak 29.130 pemudik yang telah kembali ke ibu kota pasca Lebaran 2021. Hal ini disampaikan langsung oleh Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Budi Awaludin.

Menurutnya, jumlah pemudik tersebut berdasarkan data pada Sabtu (22/5/2021) pukul 21.00 WIB.

"29.130 warga yang telah kembali dari mudik, 18.895 orang merupakan warga DKI Jakarta," kata Budi saat dikonfirmasi, Minggu (23/5/2021).

Adapun sebanyak 10.235 pemudik merupakan warga non DKI Jakarta. Budi juga mengimbau agar masyarakat yang pulang dari kampung usai mudik dapat melaporkan diri ke RT ataupun RW setempat.

Laporan tersebut untuk data pemeriksaan atau screening guna mencegah adanya kasus Covid-19.

"Nanti RT akan menscreening dan mengecek data-datanya dan memasukkan ke aplikasi. Kalau memang ada tindakan lanjut hasil swabnya reaktif atau ada gejala sakit, itu nanti kita tindaklanjuti," jelas Budi.

Imbauan Gubernur

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pemeriksaan atau screening sebelum masuk ke Ibu Kota bukan bentuk larangan pendatang untuk datang.

Kata dia, hal tersebut sebagai bentuk pengawasan usai adanya larangan mudik Lebaran 2021.

"Saya ingin garis bawahi bahwa kebijakan Jakarta tidak pernah melarang orang masuk Jakarta. Jadi ini bukan pelarangan masuk Jakarta, karena Jakarta bagian dari Indonesia, siapa saja penduduk Indonesia bisa datang ke kota mana saja," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (17/5/2021).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan bila warga telah dianjurkan tetap melakukan kegiatan di rumah saja.

Sebab saat pandemi akan dilakukan pengecekan sebelum dan sesudah Lebaran. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19.***ts

Posting Komentar