Ini Keterangan Resmi Jasa Marga Perkara Video Viral Penyekatan Tol Cikarang Barat

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menjelaskan, akses jalan keluar Tol Cikarang Barat dari Cikampek yang sebelumnya sempat dilakukan penyekatan oleh petugas telah dibuka kembali.

Penjelasan tersebut diungkapkan Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru sebagai klarifikasi atas beredarnya video viral terkait penyekatan akses jalan Cikarang Barat Jalan Tol Jakarta - Cikampek arah Jakarta pada Kamis (6/5) pagi.

"Sempat terjadi kepadatan pada Kamis, 6 Mei 2021 sekitar pukul 07.00 sd 08.00 WIB, tepatnya pada lokasi penyekatan KM 31 Arah Cikampek (Cikarang Barat) Jalan Tol Jakarta-Cikampek serta arah sebaliknya," jelas Dwimawan dalam keterangan tertulis, Kamis (6/5/2021).

Menurut dia, kepadatan yang terjadi dalam video viral tersebut akibat dari penutupan akses Cikarang Barat (dari Cikampek menuju Jakarta) yang dilakukan atas diskresi Kepolisian, agar pengguna jalan dari Jakarta yang diputar balik (karena tidak membawa persyaratan) tidak terganggu dengan arus yang dari Cikampek akan keluar Cikarang Barat. "Sehingga arus dari Cikampek ini diarahkan keluar setelah Gerbang Cikarang Barat, yaitu Gerbang Cibitung," katanya.

"Mempertimbangkan kondisi di lapangan, akhirnya atas diskresi Kepolisian, pada pukul 10.50 akses keluar Cikarang Barat dari Cikampek kembali dibuka. Saat ini kondisi di titik tersebut menuju arah Jakarta dalam keadaan lancar," imbuhnya.

Sebelumnya, terhitung mulai hari ini, Kamis (5/6) perseroan telah melakukan penutupan sementara Jalan Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) yang dimulai pada 6 Mei 2021 pukul 00.00 WIB s.d 18 Mei 2021 pukul 23.59 WIB. Jalan layang tersebut akan kembali beroperasi normal pada 19 Mei 2021 pukul 00.00 WIB.

Direktur Utama PT Jasa Marga Jalanlayang Cikampek (JJC), Vera Kirana menyatakan, penutupan Jalan Layang MBZ dilakukan untuk mendukung pengendalian transportasi yang bertujuan membatasi pergerakan arus lalu lintas keluar dan masuk Jabotabek dalam rangka meminimalisir penyebaran COVID-19.

"Kami akan menutup seluruh akses masuk dan keluar, baik untuk yang ke arah Cikampek maupun ke arah Jakarta. Kepada Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) kategori dikecualikan dalam masa periode peniadaan mudik ini, kami imbau untuk dapat menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah untuk dapat melanjutkan perjalanan dari atau menuju Cikampek," tambah Vera.

Lebih lanjut Vera menambahkan, akses Masuk Kendaraan ke Jalan Layang MBZ yang ditutup:
1. Akses masuk kendaraan dari arah Cawang menuju Cikampek;
2. Akses masuk kendaraan dari arah Jatiasih menuju Cikampek (Km 45A Jalan Tol JORR Seksi E);
3. Akses masuk kendaraan dari arah Rorotan menuju Cikampek (Km 46B Jalan Tol JORR Seksi E);
4. Akses masuk kendaraan dari Km 48A Jalan Tol Jakarta-Cikampek Bawah menuju Jakarta.

Akses Keluar Kendaraan dari Jalan Layang MBZ yang ditutup:
1. Akses keluar kendaraan ke arah Cawang;
2. Akses keluar kendaraan ke arah Jatiasih (GT Cikunir 6 Jalan Layang MBZ);
3. Akses keluar kendaraan ke arah Rorotan;
4. (Gerbang Tol/GT Cikunir 8 Jalan - Akses keluar kendaraan menuju Km 48A Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah.***red/rilis


Posting Komentar