Gempa Susulan Goyangkan Bumi di Nias Barat Sumatra Barat

Gempa bumi susulan mengguncang Nias Barat, Sumatera Utara, dengan magnitudo 5,2. Gempa ini terjadi tak lama setelah gempa utama magnitudo 6,7, Jumat (14/5) siang.

Foto ilustrasi : Gempa Bumi


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat gempa susulan magnitudo 5,2 terjadi pukul 14.16 WIB. Gempa ini berlokasi di 0.21 LU, 96.58 BT atau 129 km BaratDaya Nias Barat, dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa susulan ini tidak berpotensi tsunami.

Beberapa menit sebelumnya, Nias Barat diguncang gempa magnitudo 6,2. Gempa dengan kedalaman 19 kilometer di bawah permukaan bumi.

Getaran gempa pertama ini dilaporkan terasa hingga Banda Aceh dan Aceh Tengah (Aceh). Juga terasa di Padang dan Bukittinggi (Sumatera Barat).

Cut Aina, warga Bukit Tinggi, Sumatera Barat mengatakan gempa memang terasa di wilayahnya sekitar pukul 13.30 WIB..

"Iya tadi ada (gempa) sekitar jam setengah dua. Gempanya enggak terlalu keras, tapi sering gitu, ada beberapa kali goyangnya," kata Aina saat dihubungi.

Sementara itu di Kota Padang, salah seorang warga yakni Monica Fakhrizal mengatakan, "Tadi kerasa [gempa]. Goyangnya tuh kayak di atas kapal tapi enggak terlalu parah. Tiga menitan [guncangan yang terasa]."

Dia mengaku saat gempa terjadi, ia dan keluarga mencoba tak panik dan segera keluar dari dalam rumah.

"Langsung buru-buru keluar tapi nggak panik kok. orang sekitar rumah juga pada santai, santai tapi aware. tetangga juga pada keluar rumah," katanya.***CNN
Posting Komentar