no fucking license
Bookmark

BMKG Klarifikasi Informasi Penetapan 1 Syawal 1442 H

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, tidak pernah menyatakan kapan 1 Syawal 1442 H akan terjadi (jatuh tanggal berapa), karena penetapan 1 Syawal 1442 H adalah kewenangan Kementerian Agama yang akan disampaikan melalui sidang Isbat yang rencananya akan digelar pada Selasa, 11 Mei 2021.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Rahmat Triyono melalui keterangan tertulisnya pada Selasa (11/5/2021) menyikapi informasi yang berkembang di masyarakat dari berbagai surat kabar yang beredar, bahwa BMKG menyatakan potensi 1 Syawal 1442 H jatuh pada Rabu, 12 Mei 2021.

"Dalam mendukung penetapan 1 Syawal 1442 H yang akan ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia, sesuai amanah Undang-Undang No.31/2009, Peraturan Pemerintah No.46/2012 dan Peraturan Pemerintah No.11/2016, BMKG melaksanakan perhitungan (hisab) dan pengamatan (rukyat)," jelasnya.

Untuk mendukung penetapan awal bulan Syawal 1442 H, lanjut Rahmat Triyono, di samping release hasil perhitungan, BMKG juga melaksanakan pengamatan selama dua hari yaitu pada 11-12 Mei 2021 pada waktu sore hingga malam hari.

Seperti informasi yang sudah disampaikan oleh BMKG bahwa pengamatan pada Selasa, 11 Mei 2021 pada sore hingga malam hari tidak mungkin hilal terlihat karena konjungsi/ijtimak hilal belum terjadi dan ketinggian hilal masih negatif (minus).

"Dan Potensi terlihatnya hilal pada pengamatan hilal 12 Mei 2021 antara sedang-besar. Perlu ditegaskan bahwa pengamatan hilal selalu dilakukan sore hingga malam hari, demikian juga pengamatan pada 12 Mei 2021, juga dilaksanakan pada sore hingga malam hari," ujarnya.

Adapun mekanisme pengamatan (rukyat hilal) oleh BMKG sebagai mendukung penentuan awal bulan Qomariah (Hijriah) adalah bahwa pengamatan dimulai tiga jam sebelum matahari terbenam (maghrib/sore hari) sampai dengan 30 menit setelah bulan terbenam (malam hari setelah maghrib), dengan memanfaatkan teleskop yang dihubungkan dengan komputer dan kamera serta dipadukan dengan teknologi informasi.

"Saat pengamatan dilaksanakan, kecerlangan cahaya Hilal akan direkam oleh detektor yang dipasang pada teleskop yang secara otomatis mengikuti berubahnya posisi Bulan di ufuk Barat. Dengan teknologi informasi, data tersebut langsung dikirim ke server di BMKG Pusat, untuk kemudian disimpan dan disebarluaskan kepada masyarakat secara online (live streaming) ke seluruh dunia melalui http://www.bmkg.go.id/hilal. Sehingga masyarakat luas dapat ikut melihat Hilal penentu awal bulan Syawal 1442 H pada Selasa, 11 Mei 2021 dan Rabu 12 Mei 2021 pada sore hingga malam hari," imbuhnya.***TS

Posting Komentar

Posting Komentar

Close x