no fucking license
Bookmark

Ayo Rubah Jaringan 4G ke 5G Untuk Pengguna Android, Begini Caranya

Jaringan 5G yang merupakan teknologi terbaru pada perangkat telekomunikasi kini sudah benar-benar tersedia di Indonesia. Kecepatan jaringan 5G ini sangatlah cepat dibandingkan generasi sebelumnya, yaitu jaringan 4G. Dengan banyak keunggulannya, banyak pengguna Android yang ingin tahu cara ubah jaringan 4G ke 5G.

Foto ilustrasi

Berikut ini tutorial bagaimana cara ubah jaringan 4G ke 5G secara mudah di HP Android.

1. Masuk Menu Pengaturan atau Setting

Pertama, untuk ubah jaringan ke 5G, masuk ke menu pengaturan. Pada menu pengaturan ini, silahkan pilih “Kartu Ganda dan Seluler”. Kemudian pengguna dapat mengetahui koneksi data dan SIM default yang digunakan untuk koneksi internet. Selanjutnya pilih menu APN yang ada di layar ponsel.

APN atau Access Point Name berfungsi sebagai protokol yang memungkinkan ponsel tersambung baik dengan koneksi internet. Pastikan sebelum ubah jaringan ke 5G, konfigurasi kartu perdana yang digunakan sudah benar. Kesalahan konfigurasi dapat membuat internet yang tersambung menjadi lemah bahkan tidak dapat digunakan sama sekali.

2. Atur APN Baru

Masuk pada menu APN dan pilih “APN Baru”. Kemudian muncul beberapa kolom pertanyaan yang harus dilengkapi. Kolom pertanyaan berisi informasi khusus seperti profil pengguna, username, password, jenis autentifikasi maupun proxy.

Isi nama pengguna dengan nama bebas. Kemudian isi kata sandi yang akan digunakan. Sebaiknya gunakan kata sandi yang sederhana dan mudah diingat.

3. Konfigurasi Server dan Protokol APN

Cara ubah jaringan 4G ke 5G berikutnya adalah dengan langkah konfigurasi. Konfigurasi merupakan proses pengaturan atau pembuatan bagian yang terdapat dalam suatu perangkat. Pada kolom pertanyaan, pengguna dapat mengisi dengan 8.8.8.8 dan 510 pada MCC. Pengguna juga harus mengisi MNC dengan angka 11. Beberapa perangkat lainnya, pada opsi ini akan secara otomatis terisi.

Pada protokol APN dan protokol roaming APN, pilih IPv4/IPv6. IPv4/IPv6 merupakan jenis internet protokol yang dibedakan dari panjang alamatnya. Penggunaan IPv4 sebagai internet protokol dapat menyebabkan sering terjadinya roaming Dan IPv6 digunakan sebagai internet protokol. Setelah itu, klik tombol selesai yang ada di pojok kanan atas dan pilih oke.

4. Lakukan Speedtest

Selanjutnya, jangan langsung ubah jaringan menjadi 5G. Disarankan lakukan speedtest untuk mengecek kecepatan koneksi internet seluler maupun Wi-Fi. Aplikasi ini dapat didownload melalui speedtest.net oleh berbagai jenis platform.

5. Ubah Jaringan ke 5G

Kembali ke menu pengaturan dan ubah jaringan menjadi 5G. Untuk mengetahui perbedaannya, cek kecepatan koneksi internet dengan speedtest. Pengguna juga bisa mengubah jaringan ke 6G melalui aplikasi telepon dengan kode *#*#4636#*#*.

Demikian tutorial cara ubah jaringan 4G ke 5G yang bisa dilakukan oleh pengguna Android untuk dapat merasakan koneksi internet yang lebih cepat. Semoga bermanfaat.***suara.

Posting Komentar

Posting Komentar

Close x