Kabar Karawang

Iklan

 Kabar Karawang
Jumat, 02 April 2021, 12.20 WIB
KARAWANGPEMDAPERTAMINA

Selamat... Warga Karawang Terdampak Tumpahan Minyak Menerima Kompensasi

Warga terdampak tumpahan minyak YYA-1 milik Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE-ONWJ) menerima kompensasi.

Sebanyak 10.379 warga Karawang, yakni profesi nelayan sebanyak 7.095 orang, 2.138 pohlaksar, dan 1.146 pelaku wisata bahari yang terdampak tumpahan minyak YYA-1 milik Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE-ONWJ) menerima kompensasi dampak dari tumpahan minyak.

Proses pemberian uang kompensasi dilakukan secara simbolis di Ruang Rapat Bank Mandiri Cabang Karawang. Kamis 1 April 2021.‎ Dalam pemberian kompensasi secara simbolis tersebut dihadiri oleh Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana, Sekretaris Daerah Karawang, Drs. H. Acep Jamhuri, Plt Kepala Dinas Perikanan, Coorporate Secretary PHE ONWJ, Whisnu Bahriansyah dan beberapa perwakilan dari BPKP dan Kejagung RI.

Bupati Cellica mengatakan, kompensasi yang diberikan merupakan kompensasi yang diberikan bagi nelayan, poklahsar, wisata bahari. Bupati menjelaskan, ia mengapresiasi PHE ONWJ yang memenuhi proses pemberian kompensasi dengan pendampingan dari tim ahli dan juga Kejaksaan Agung.

Mengingat, jumlah total kompensasi yang diberikan total senilai Rp72,16 miliar. Bupati mengatakan, ‎pemberian kompensasi dengan menggunakan tim ahli untuk verifikasi yang cukup panjang prosesnya menjadi bukti bahwa Pertamina sudah berupaya maksimal untuk warga yang terdampak.

"‎Pada prinsipnya warga harus menghargai niat baik dari PHE ONWJ terhadap insiden yang tidak dikehendaki. Memuaskan atau tidak memuaskan itu sifatnya relatif. Saya ucapkan terima kasih," ujar Bupati Cellica.
Bupati Karawang & perwakilan warga penerima kompensasi Pertamina

Coorporate Secretary PHE ONWJ Whisnu Bahriansyah mengatakan, PHE ONWJ sudah memberikan kompensasi final. Whisnu mengklaim jika pihaknya sudah melakukan pemulihan lingkungan mencapai 90 persen. "Insha Allah ditargetkan selesai tahun ini," ujar Whisnu.***rls


Kabar Lainnya

X
X
×
Kabar Terbaru Update