Kapan Arab Saudi Umumkan Keputusan Penyelenggaraan Haji, Ini Perkiraan Waktunya

Pemerintah Arab Saudi kemungkinan mengumumkan keputusan mengenai jadi tidaknya penyelenggaraan haji tahun ini setelah lebaran.

Mekkah

"Pengumumannya kemungkinan pada 6 syawal. Itu info saya peroleh dari pejabat Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi," kata sumber Albalad.co melalui pesan WhatsApp hari ini.

Namun dia tidak dapat memastikan apakah keputusannya haji akan digelar seperti biasa atau mirip tahun lalu, yakni khusus buat penduduk negara Kabah itu saja (warga Saudi dan ekspatriat). Hanya saja dia menyebutkan tidak ada persiapan mencolok dikerjakan Saudi untuk menyambut jamaah haji dalam jumlah besar datang dari berbagai negara.

Sumber ini juga tidak bisa memastikan apakah Indonesia bisa mengirim jamaah haji kalau memang keputusannya negara asing boleh mengirim.

Menurut Saudi Arabian Airlines, Saudi bakal membuka penerbangan internasional pada 17 Mei. Tapi larangan berkunjung bagi warga dari 20 negara, termasuk Indonesia, masih akan tetap berlaku. Larangan ini sudah diterapkan sejak 3 Februari lalu.

Berkaca dari pengalaman tahun lalu, Saudi baru mengumumkan soal haji sebulan sebelum wukuf dilaksanakan. Ketika itu, cuma penduduk Saudi saja boleh berhaji. Jumlahnya pun dibatasi seribu orang saja.

Meningkatnya kasus Covid-19 di Saudi saban hari, angkanya seribuan orang, memicu kekhawatiran haji akan digelar seperti tahun lalu.***ga

Posting Komentar