Kabar Baik : 318 Kabupaten/Kota Berhasil Eliminasi Malaria

Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, hingga saat ini sudah ada 318 kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil mengeliminasi malaria.

Hal itu dikatakan Maxi saat melaporkan perkembangan malaria di Indonesia pada Peringatan Puncak Hari Malaria Sedunia secara virtual pada Selasa (27/4/2021) yang disiarkan melalui Youtube Kemenkes.

“Ada beberapa tahapan yang dinilai untuk mencapai eliminasi malaria. Penilaian tersebut mencakup self assessment tentang kesiapan kabupaten/kota untuk memenuhi tiga indikator dalam tools penilaian malaria,” kata Maxi.

Yaitu Annual Parasite Incidence kurang dari 1/1000 penduduk, Slide Positive Rate kurang dari lima persen dan tidak ada kasus indigenous. Tiga indikator tersebut harus dipertahankan selama tiga tahun berturut-turut.

“Kemudian setelah kabupaten/kota siap dilakukan penilaian maka bupati/walikota mengusulkan ke Dinas Kesehatan provinsi yang dilanjutkan penilain oleh tim assesment penilaian eliminasi malaria di pusat secara independen,” katanya Maxi.

Pada Hari Malaria Sedunia pada 2021, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyerahkan sertifikat Eliminasi Malaria kepada 12 Bupati/Walikota di Indonesia, antara lain Walikota Tidore Kepulauan Maluku Utara, Walikota Lubuklinggau Sumatera Selatan, Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah, Bupati Minahasa Utara Sulawesi Utara.

Kemudian Bupati Banggai Laut Sulawesi Tengah, Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan, Bupati Manggarai Nusa Tenggara Timur (NTT), Bupati Manggarai Timur NTT, Bupati Bolaang mangondow Sulawesi Utara, Bupati Kolaka Timur Sulawesi Tenggara, Walikota Kupang NTT, dan Walikota Singkawang Kalimantan Barat. ***Ts

Posting Komentar