Sturada 89,4 Fm Siarkan PJJ Kelas 7

Radio Sturada 89,4 Fm Pangkal Perjuangan kembali menyiarkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk siswa kelas 7. PJJ dipandu penyiar Vika dengan narasumber Fadilah Fatah S.Pd, guru dari SMP Budi Mulia dan Neno Hendrayatno M.Pd, guru dari SMP N 2 Klari.


Fadilah menyampaikan pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi tentang "Menggali Pesan Moral Pada Cerita Fabel"  dan Neno menyampaikan pelajaran IPA dengan materi tentang "Efek Rumah Kaca".

Pada sesi 1, Neno Hendrayatno  memaparkan tentang arti rumah kaca, macam- macam gas rumah kaca dan dampak rumah kaca. Efek rumah kaca adalah sebuah proses alami di mana panas matahari terperangkap di atmosfer bumi. Proses ini yang menyebabkan permukaan bumi menjadi hangat dan bumi bisa dijadikan tempat tinggal bagi makhluk hidup. Jika tak ada efek rumah kaca, mustahil bumi bisa dihuni. Temperatur bumi akan terasa dingin sekali.

Neno juga menjelaskan beberapa gas rumah kaca yang ada di atmosfer, yakni karbon dioksida (CO2), nitrogen dioksida (N2O), metana (CH4), dan freon (SF6, HFC dan PFC).

Sedangkan dampak dari efek rumah kaca adalah menimbulkan global warming. Bumi semakin panas, dan menimbulkan kekeringan yang dapat membinasakan mahluk hidup. Karenanya, untuk mengatasi masalah global warming maka harus bijak memanfaatkan bahan bakar fosil, menanam pohon atau penghijauan dan lainnya.

Pada Sesi 2, Fadilah mengawali pembelajaran dengan menceritakan kehidupan  hewan dengan masing-masing karakteristiknya seperti kisah kancil yang cerdik.  Cerita yang menggambarkan karakteristik atau perilaku tersebut disebut juga cerita fabel.

Dalam membuat cerita fabel agar menarik dan mengandung pesan moral, Fadilah menjelaskan selain penggambaran karakteristik juga harus memuat unsur intrinsik dan strukturnya. Unsur intrinsik memuat tema, latar, tokoh, penokohan, alur, sudut pandang dan amanat dari cerita yang disajikan.

Selain unsur intrinsik, kata Fadilah juga harus diperhatikan struktur ceritanya. Struktur ini memuat orientasi, komplikasi, resolusi dan koda. "Dalam membuat cerita fabel harus ada pesan moral bagi pembacanya," kata Fadilah.***ts
Posting Komentar