Hasil Pilkades Serentak 2021, Didaerah Ini Calon Petahana Banyak yang Tumbang

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) sudah selesai pada Kamis 18 Maret 2021 kemarin.

Proses pelaksanaannya pun berjalan aman, lancar dan menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Para calon kades pun berkompetisi dengan demokratis.

Informasi dihimpun awak media metrokalimantan.com, Jumat (19/3/2021) dalam pelaksanannya tidak kurang 18 calon incumbent tumbang di 32 desa dari 45 desa yang melaksanakan Pilkades serentak tahun 2021 di Kabupaten Pulang Pisau.

Tumbangnya belasan calon incumbent itu, tampaknya masyarakat pemilih di kabupaten Pulang Pisau sudah memahami pentingnya berdemokrasi yang baik dan benar. Artinya masyarakat pemilih memang mencari sosok kades yang sesuai hati nurani mereka tanpa adanya embel-embel.

Hal tersebut terlihat dari dukungan dan antusias masyarakat sangat tinggi untuk memilih calon kades jagoannya masing-masing.

Tumbangnya para calon incumbent ini dibenarkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Pulang Pisau.

Foto Pilkades

"Benar, data yang kami himpun ada 18 calon incumbent di 32 desa dari 45 desa yang mengikuti Pilkades serentak tahun ini tumbang atau kalah," ujar Yanoadi, Kepala Bidang Pemdes DPMD Kabupaten Pulang Pisau.

Meski begitu, lanjutnya, kekalahan bukan dari akhir segala-galanya. Artinya, jadikan kekalahan sebagai pelajaran dan pengalaman, dan tetap menjalin kebersamaan untuk membangun desa secara khusus.

"Kalau petahana atau incumbent yang masih bertahan menjadi kades total keseluruhannya ada 14 orang. Kayanya kebanyakan masyarakat desa menginginkan perubahan pemimpin," ucapnya.

Atas terlaksananya Pilkades serentak ini, Yano memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Kapolres, Kajari, Ketua dan Wakil Ketua DPRD serta anggota ,Kabag Ops, Pabung dan para Asisten) serta para kepala SOPD ikut memantau jalannya Pilkades serentak.

"Kepada seluruh panitia Pilkades dan masyarakat yang telah mendukung serta berpartisipasi menciptakan Pilkades serentak yang aman, tertib, lancar dan kondusif kami ucapakan terimakasih. Yang menang tidak jumawa, dan yang kalah harus legowo. Pilkades telah selesai, mari kita rekatkan kebersamaan, kembali bergandengan tangan untuk membangun desa demi kemajuan dan kesejahteraan desanya," pungkasnya.***ta

Posting Komentar