Catat, 3 Program Bansos Bakal Cair Akhir Maret 2021

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini segera mengucurkan dana untuk tiga program bantuan sosial (bansos) pada akhir Maret. Bansos tersebut, yaitu Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

“Harapan kami untuk bulan Maret ini kami bisa realisasikan di minggu keempat di bulan Maret. Demikian pula target untuk bulan April, kami akan serahkan pada bulan Maret sehingga masyarakat bisa melakukan pembelanjaan sesegera mungkin,” ujar Risma secara virtual dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Risma mengatakan, pencairan bansos ini seluruhnya menggunakan uang elektronik atau non tunai melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT Pos Indonesia (Persero). “Dan semua seluruhnya itu kita gunakan uang elektronik atau penyalurannya melalui sistem non tunai. Jadi semua lewat himbara dan PT Pos,” katanya.

Sementara itu, Risma mengatakan, untuk target penerima BPNT, yakni 18.800.000 keluarga penerima manfaat. Sementara itu, untuk PKH 10 juta keluarga dan BST 10 juta penerima manfaat.

“Untuk targetnya BPNT adalah dengan 18.800.000 keluarga penerima manfaat. Kemudian untuk PKH itu 10 juta keluarga penerima manfaat dan kemudian BST 10 juta penerima manfaat,” ucapnya.

Risma pun meminta agar para kepala daerah di 514 Kabupaten/Kota segera melengkapi data para penerima manfaat. “Karena kami ingin mengeluarkan kekurangan itu di bulan akhir minggu terakhir bulan Maret ini. Termasuk realisasi untuk bulan April. Sehingga kita bisa segera membantu seluruh warga di seluruh Indonesia,” kata Risma.

Dengan begitu, tegas Risma, pencairan bansos segera terealisasi. “Sekali lagi kami mohon kepada daerah untuk bisa mendukung para program ini. Sehingga pencairan pada bulan April yang kita akan berikan di bulan di Minggu terakhir bulan Maret bisa terealisasi dengan baik,” ujarnya.****ta

Posting Komentar