Pilkades Karawang Rawan, PemDes Bisa Memohon Penangguhan PTSL 2021

Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2021 dari BPN/ATR Karawang menyasar desa-desa di Kecamatan Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon, Lemahabang, Tirtamulya, Banyusari dan Tempuran. Rawan politisasi dan peluang gesekan Pilkades, bagi desa-desa yang menggelarnya tahun ini, bisa memohonkan penangguhan program jika dianggap potensi konflik tinggi.

Camat Tempuran, Suwandi AP mengatakan, perdana 12 Desa di Kecamatannya masuk dalam program PTSL di tahun ini. Sayangnya, program yang sangat baik untuk mendapatkan legalitas hak atas tanah dengan akses mudah dan efisien ini, momennya berbarengan dengan tahapan dan pelaksanaan Pilkades. Sehingga, kerawanan sosial, politis hingga keamanan belum bisa menjamin progr ini bisa mulus. Karena sebut Camat, Pilkades bukan sebatas program, tetapi proses pemilihan Kades baru. "Bagaimana kalau saat daftar pemohon itu ke Kades dan pemerintahan desa yang lama Tim PTSL nya, kemudian saat distribusi sudah kades yang baru, karena yang lama kalah ? " Tanyanya.

Suwandi mengakui, kekhawatiran ini juga di rasakan para kades, karena belum tentu kades baru nanti sejalan dengan ketua Tim PTSL yang di rekomendasikan Kades lama misalnya. Lebih dari itu, politisasi pendaftaran PTSL pra Pilkades, juga dikhawatirkan rentan di politisasi, misalnya oleh oknum kades petahana. Karenanya, sambungnya,saat sosialisasi, pihak BPN/ATR tetap bisa memberikan kelonggaran, jika ada Kades dan atau pemerintah desa tidak siap dengan program ini untuk mengajukan permohonan ke BPN, bukan untuk pembatalan program, tapi penangguhan sementara sampai tuntasnya penyelenggaraan Pilkades. "BPN sudsh memberi arahan, kalau desa tidak siap, silahkan ajukan saja segera oleh pemerintah desa, " Ucapnya.

Foto : Ilustrasi Kades & Balai Desa

Untuk di Tempuran sendiri sebut Camat, baru satu desa yang kabarnya akan mengajukan permohonan penangguhan program PTSL ini, yaitu Purwajaya secara tertulis langsung ke BPN. Bagi desa lainnya, pesan Suwandi, silahkan di ajukan kalau belum siap, kecuali setelah Pilkades nanti. "Ada satu desa yang kabarnya mengajukan permohonan penangguhan PTSL, ya karena rawan sih sedang Pilkades. Tapi bukan pembatalan program ya, " Tandasnya. ***Red
Posting Komentar