no fucking license
Bookmark

Pemerintah Pastikan BLT Subsidi Upah Rp600 Ribu per Bulan Dihentika

Bantuan subsidi upah bagi pekerja tidak masuk dalam anggaran 2021. Sehingga di tahun ini, pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta tidak lagi mendapat bantuan Rp600 ribu per bulan.

Tenaga Kerja

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bantuan tersebut akan dialihkan ke dalam program kartu Prakerja. mulai tahun ini, Kartu Prakerja tidak lagi fokus pada peningkatan kompetensi namun menjadi semi bantuan sosial.

Ida menjelaskan “Subsidi upah sampai sekarang di anggaran 2021 tidak dialokasikan karena konsentrasi di kartu Prakerja. Kartu Prakerja tidak hanya peningkatan kompetensi tapi juga insentif, menjadi semi-bansos,” ujarnya saat melakukan kunjungan kerja ke perusahaan jamu dan kosmetik di Kabupaten Bekasi, Rabu, 3 Februari 2021.

“Kartu Prakerja ada insentifnya dan tetap dilanjutkan. Alokasinya cukup besar Rp20 triliun. Tapi kartu Prakerja berada di bawah Menko Perekonomian, kami bagian dari program itu, kami punya pelayanan sisnaker yang memberikan pelatihan bagi program pra kerja kerja,” ujarnya.

Pandemi Covid-19 cukup memukul kaum pekerja. Hal itu terbukti dari jumlah pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terbilang tinggi. Berdasarkan Data Badan Pusat Statistik, hingga Agustus 2020, telah terjadi 2,1 juta kasus PHK se-Indonesia. Angka tersebut praktis mengatrol jumlah pengangguran menjadi 9,7 juta jiwa dari semula 7,05 juta jiwa, sebelum pandemi.

“Memang ada peningkatan dengan kondisi pandemi ini,” ucap dia.

Ida menjelaskan, sebenarnya tidak hanya PHK yang terjadi kepada para pekerja namun tidak sedikit yang dirumahkan lalu dipotong gajinya hingga seluruhnya.

“PHK dilihat dari angka memang sangat kecil tapi yang banyak itu yang dirumahkan dengan penghasilan yang berkurang setengah, 75 persen bahkan berkurang sama sekali tapi status mereka belum di PHK,” ucapnya.

Kendati bantuan subsidi upah ditiadakan, Ida memastikan pemerintah memiliki sejumlah lain untuk meminimalisasi dampak pandemi ini.

“Prakerja yang semula untuk peningkatan kompetensi jadi berubah jadi semi bansos untuk prakerja. Kami juga melaksanakan jaring pengaman sosial yang lebih kami arahkan untuk mereka yang terdampak covid-19,” kata Ida.

Posting Komentar

Posting Komentar

Close x