Libur Lebaran Idul Fitri 2021 Bakal Diperpendek! PNS, TNI dan Polri Mudik Keluar Kota Bakal Diberi Sanksi

Libur Hari Raya Idulfitri atau lebaran hingga libur Tahun Baru pada tahun 2021 ini berkemungkinan bakal diperpendek.

Hal itu menyusul adanya usulan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo untuk meminimalisasi penularan virus corona saat musim libur panjang tiba.

"Kami usulkan supaya libur Idulfitri dan juga tahun baru enggak ada H-5 atau H+5, atau H-10 H+10, diperpendek, dengan protokol kesehatan yang ketat, disiplin," kata Tjahjo dalam acara Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polri yang disiarkan di kanal YouTube Kementerian PANRB, Selasa 16 Februari 2021.

TNI Baris

Meski begitu, sebelumnya pemerintah telah menetapkan cuti bersama Hari Raya Idulfitri 2021 berlangsung pada 12 Mei dan 17-19 Mei 2021.

Dikatakan, usulan itu nantinya turut dibarengi dengan instrumen sanksi bagi para aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) maupun anggota TNI-Polri yang berlibur ke luar kota.

Menurutnya, aparatur pemerintah harus menjadi contoh berdisiplin yang baik bagi masyarakat.

"Dan sanksi yang tegas baik bagi ASN, TNI-Polri, dan bisa beri contoh ke masyarakat," kata dia.

Ia menilai pemangkasan cuti bersama dan pelarangan ASN ke luar kota saat libur panjang efektif mengurangi penambahan penularan kasus corona.

Menpan RB berkaca kebijakan pemerintah menerapkan larangan ASN, TNI dan Polri ke luar kota saat libur panjang Imlek 12-14 Februari 2020 lalu mampu menurunkan penambahan pasien Covid-19 hingga 25 persen.

"Kemarin (kasus corona) sudah menurun 25 persen saat libur Imlek," kata dia.

Sebelumnya, Ia pun sempat melontarkan rencana untuk mengkaji dan mengevaluasi hari libur nasional dan cuti bersama sepanjang 2021 seiring perkembangan penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia.

Tjahjo bakal melakukan koordinasi terkait evaluasi cuti bersama itu dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam waktu dekat.***

Posting Komentar