Kabar Karawang

Iklan

 Kabar Karawang
Jumat, 12 Februari 2021, 17.37 WIB
KARAWANGPERISTIWAPERTANIAN

Gali Lobang Tutup Lobang Tanggul Jebol Muara Paska Banjir, Begini Kondisinya !

Perbaikan tanggul di bantaran kali Cilamaya dan Kali Bawah di Desa Muara Kecamatan Cilamaya Wetan, tak pernah luput dari perhatian pemerintah desa dan masyarakat setempat. Setiap tahun, tanggul-tanggul manual dengan ratusan karung, di pasang dan di pancangkan lewat bambu alakadarnya. Terang saja, kegiatan swadaya ini di lakukan, karena pembangunan tanggul permanen dari pemerintah, entah kapan bisa realisasinya. Miris, setiap kali sungai Cilamaya di bedah dari Barugbug, tanggul-tanggul di hilir Cilamaya ini, menjadi sasaran paling parah terdampak limpasan dan banjir ke ratusan pemukiman warga. Tak ayal, ratusan karungnyang dibuat manual itu, kembali ambrol dan terseret arus debit air yang meninggi hingga membuat tanggul kembali jebol dan terus meluas. 

Kondisi ini, yang kembali di sayangkan Komunitas Pramuka Peduli yang jadi relawan di Desa Muara, Topik Hidayat. 

Kepada kabarkarawang.com, Jumat (12/2), ia banyak bertemu warga dan aparat desa. Mereka, selalu menuturkan bahwa terjadinya banjir di Muara di akibatkan oleh jebolnya Kali Cilamaya dan Kali Bawah di hilir. Mereka, tidaklah berdiam diri, karena setiap tahun selalu melakukan perbaikan tanggul secara manual sebelum terjadinya banjir. Namun sayangnya, ketika air sungai meluap, tanggul yang sudah diperbaiki secara manual oleh aparat desa setempat kembali jebol akibat tidak kuat menahan debit air sungai. "Saya ketemu aparat desa, mereka meminta perbaikan tanggul ke pihak terkait untuk diperkuat tanggulnya dengan pembetonan namun sampai saat ini belum juga ada tanggapannya sehingga kecemasan banjir selalu memghantui setiap kali musim hujan, " Ujarnya.

Kades Muara, Iyos Rosita sebelumnya mengatakan, tanggul paska banjir kembali banyak yang jebol, bahkan meluas. Sejumlah material tanggul manual yang sebelumnya di buat pemerintah desa, tercecer dan berantakan tersapu debit air yang masuk ke pemukiman warga. "Kita harap segera ada perbaikan permanen soal ini, " Ungkapnya.**rd-rls


Kabar Lainnya

X
X
×
Kabar Terbaru Update