AKM dan e Raport di Tuntut Kesiapan SDM dan Sarana Pendidikan di Karawang


Para Kepala SD di Karawang, ikuti kegiatan Sosialisasi Assesmen Kompetensi Minimal (AKM) dan e Raport. Keduanya, di tuntut kesiapan SDM dan sarana pendidikan, menyusul kesuksesan program merdeka belajar Kemendikbud tersebut, akan di laksanakan sekitar September - Oktober 2021 ini.

Foto Ilustrasi

Salah seorang Kepala SD di Karawang, Asep Saepudin S.pd mengungkapkan, AKM dan e Raport menang butuh kesiapan SDM para guru dan sarana pendidikannya, karena berkaitan erat dengan penguasaan IT. Seperti di ketahui, bahwa merdeka belajar itu, adalah kebijakan Kemendikbud dalam rangka mewujudkan transformasi pengelolaan pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan rencana menghapus Ujian Nasional (UN) diganti dengan Assesmen Nasional. "Penguasaan IT ini penting, agar kebijakan AKM dan e Raport sukses, " Katanya, Jumat (5/2).

Assesmen nasional sendiri, terdiri dari tiga bagian yaitu Assesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter 
dan Survei lingkungan belajar, dimana tujuan utamanya yaitu mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) ini sambung Asep, adalah kompetensi yang benar-benar minimum dari suatu sekolah, dimana melalui AKM nantinya, bisa terpetakan sekolah-sekolah di daerah berdasarkan sampel kompetensi minimum yang diperoleh. "AKM itu sendiri meliputi dua hal yaitu Literasi dan Numerasi dan Untuk sampel SD, nanti
tiap sekolah maksimal 30 siswa kelas 5 (yang sekarang masih kelas 4) yang rencana pelaksanaannya pada September dan Oktober 2021 ini, mulai digarap, " Pungkasnya. (Rd)
Posting Komentar