Misteri Saku Kecil dalam Celana Jeans, Ternyata Berfungsi untuk Ini! Simak Ulasan Menariknya

Ada hal yang menarik yang mungkin kebanyakan orang tidak mengetahuinya atau justru menganggapnya hanya sebagai bagian dari desain atau standar model celana jeans dunia.

Apakah itu?

Hal tersebut adalah sebuah saku kecil yang tersembunyi di kantong sebelah kanan celana jeans. Celana jeans pertama kali dibuat di Genoa Italia pada tahun 1560.

Celana jeans biasa dipakai oleh angkatan laut, Celana yang biasa disebut oleh orang Perancis dengan “Blue de Genes” yang berarti biru Genoa ini meski pertama kali diperkenalkan di Eropa, namun sebagai fashion jeans dipopulerkan di Amerika Serikat oleh Levi Strauss yaitu pria yang mencoba mencari nasib baik di San Francisco sebagai pedagang pakaian.

Ketika itu Amerika Serikat sedang dilanda demam emas, akan tetapi sesampai di California semua barangnya habis terjual kecuali sebuah tenda yang terbuat dari kain kanvas.

Kain tersebut dipotong dan dibuatnya menjadi beberapa celana dan dijual kepada pekerja tambang emas.

Ternyata mereka menyukainya, karena tahan lama dan tak mudah terkoyak. Kemudian Levi Strauss menyempurnakan jeansnya dengan memesan bahan dari Genoa yang disebut dengan Genes yang oleh Levi Strauss diubah menjadi “Blue de Genes”.

Celana jeans

Akhirnya, karena penambang emas sangat menyukai jeans buatan Levi Strauss, mereka menobatkan celana ini sebagai celana resmi mereka.

Para penambang emas tersebut menyebut celana Levi Strauss dengan ‘those pants of Levi’s atau celana si Levi.

Sebutan itulah yang mengawali merk dagang pertama celana jeans di dunia. Naluri bisnis Levi Strauss yang tajam membuatnya mengajak pengusaha sukses Jacob Devis untuk bekerja sama.

Pada tahun 1880, kerja sama tersebut melahirkan pabrik celana jeans pertama dan produk desain mereka adalah Levi’s 501. Jadi sejarahnya, celana jeans digunakan oleh penambang emas di Amerika Serikat.

Desain awalnya pun memiliki 5 saku dengan 2 kantong di depan, 2 saku dibelakang dan 1 saku kecil dalam saku depan sebelah kanan. Saku tersebut tentu bukan untuk bergaya, namun diperuntukkan bagi para penambang.

Saku kecil tersebut dirancang untuk menyimpan butiran-butiran emas yang berukuran kecil. Meski kini celana jeans diproduksi dalam berbagai merk dan bukan hanya untuk para penambang.

Namun saku kecil tersebut masih tetap ada, tentu saja sekarang fungsinya tidak lagi digunakan untuk menyimpan butiran-butiran emas.

Demikianlah ulasan singkat tersebut, semoga bermanfaat bagi kamu serta dapat menjadi wawasan tersendiri bagi kamu semua.***

Sumber: YouTube Pena Media

Posting Komentar