Jauhkan HP Anda Saat Tidur Karena Amat Bahaya Radiasi Smartphone !!!

Smartphone ataupun ponsel pintar tidak bisa dipungkiri lagi pada zaman sekarang telah menjadi bagian hidup dari manusia, di mana pun dan dalam kondisi apa pun itu.

Ponsel di masa kini, bukan hanya sebagai alat komunikasi, akan tetapi, juga menjadi alat kerja dan entertainment.

Orang Tidur pegang HP

Kendati menjadi teman aktivitas sehari-hari, di balik kecanggihan dari handphone, ternyata terdapat radiasi yang menghantui dan dapat membahayakan bagi kesehatan.

Radiasinya ini bahkan bisa menyebabkan gangguan dalam tidur, seperti dikutip dari Times of India Jumat, 29 Januari 2021.

“Kami telah melihat sakit kepala, gangguan tidur, gangguan memori, otak berkabut, mudah tersinggung, impulsif, sakit tangan dan leher, penurunan penglihatan sebagai akibat dari penggunaan ponsel yang berlebihan,” kata Dr. Manjari Tripathi dari Departemen Neurologi, AIIMS.

Lebih lanjut, untuk mengetahui bagaimana sebenarnya radiasi seluler berdampak pada tubuh manusia, AIIMS dan Environics melakukan uji klinis dengan menyelidiki pengaruhnya terhadap aktivitas otak.

Sebagian dari penelitian tersebut, para partisipan terpapar radiasi elektromagnetik ponsel dan perubahan frekuensi pola gelombang otak diamati.

Relawan yang diuji ini merupakan relawan yang dalam kondisi sehat tanpa riwayat gangguan neurologis.

Sebuah peneliti, Ajay Poddar, MD, Syenergy Environics mengatakan, studinya dengan AIIMS memilih untuk mengevaluasi EEG (electroencephalogram) yang memonitor aktivitas listrik di otak.

Pada dasarnya ada empat gelombang yang keluar dari otak kita. Ada gelombang alfa, beta, theta, dan delta yang dihasilkan dari otak kita serta mewakili aktivitas otak yang berbeda.

“Kami membuat orang berbicara di telepon selama 5 menit tanpa EnviroChip dan kemudian dengan EnviroChip. Kami memberi mereka istirahat dan memeriksa aktivitas otak mereka,” tuturnya.

Secara umum, ada dua efek berbahaya dari radiasi seluler. Salah satunya adalah efek panas yang dirasakan dari ponsel.

Berbicara di telepon yang menempel di telinga dengan durasi selama satu jam memberi rasa panas.

Oleh karenanya para peneliti mengingatkan, agar lebih berhati-hati serta bijaksana saat memakai ponsel.

Sebab beberapa perangkat di dalam ponsel, terdapat peringatan batas waktu dalam pemakaiannya.***

Posting Komentar