21 Pejabat dan Tokoh di Jabar Bakal Jadi yang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19

Sebanyak 21 orang pertama akan mendapatkan vaksin Covid-19 di RSUP dr Hasan Sadikin Bandung, Kamis 14 Januari 2021. Selain Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) dan Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri, tokoh masyarakat dari kalangan organisasi Islam maupun keuskupan dilibatkan dalam penyuntikan vaksin perdana di Jabar.

Kang UU

Dr Zulvayanti SpOG, Kepala Bidang Pelayanan Medik RSHS mengatakan, 14 Januari 2021 kick off vaksin Covid-19 di RSHS yang akan diikuti 21 orang pejabat publik Pemprov Jabar. Di antaranya Wagub dan Kapolda Jabar.

"Kemudian unsur tokoh masyarakat seperti dari Nahdatul Ulama, Muhammadiyah, Keuskupan dan organisasi profesi IDI (ikatan dokter Indonesia), IBI (Ikatan Bidan Indonesia) beserta PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) dan tokoh masyarakat lainnya," kata Zulva pada tim Humas RSHS, Rabu 13 Januari 2021.

Dia menuturkan, calon penerima vaksin akan divaksinasi setelah sebelumnya dilakukan skrining kesehatan oleh tim dokter RSHS. Setelah vaksinasi mereka akan diobservasi kurang lebih 30 menit dan jika tidak terjadi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) mereka akan diberikan kartu.

"Kartu sebagai tanda mereka telah menerima vaksin," ujar dia.

Kemudian dari RSHS pihaknya telah menyiapkan tim untuk vaksinasi yang terdiri dari tim administrasi untuk pendaftaran dan pelaporan dan pencatatan serta tim medisnya sendiri yang nanti bertugas menskrining serta memberikan vaksinasi.

"Ini tim yang siap sedia jika terjadi atau efek samping dari pemberian vaksin tersebut. Mudah-mudahan berjalan baik sehingga ini jadi momen vaksinasi Covid-19," ujar dia.

Sebelumnya, Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan Jawa Barat siap menjalani pemaksinan Covid-19 dari Sinovac mulai Kamis 14 Januari 2021. Secara resmi, pihaknya akan memulai pemaksinan jajaran pejabat pemprov maupun Forkopimda Jabar di RSUP dr Hasan Sadikin.

"Besok saya akan mengawal Pak Uu, Pak Kapolda (Irjen Pol Ahmad Dofiri) di RSHS mungkin pagi, saya sendiri sudah disuntik dua kali saya tidak melakukan lagi," kata Ridwan ditemui usai penebaran benih ikan dan penanaman pohon di Sektor 6 Citarum, Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Rabu 13 Januari 2021.

Selanjutnya, kata dia, hari Jumat 15 Januari 2021 pemaksinan dilanjutkan di puskesmas-puskesmas sesuai jadwal akan dilakukan penyuntikan untuk tenaga kesehatan.***

Posting Komentar